Mohon tunggu...
baderi imam muchdi
baderi imam muchdi Mohon Tunggu... CISO, IS Auditor,

Pembelajar

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

MAN 11 Jakarta Menjadi Madarasah Riset

4 Agustus 2020   22:16 Diperbarui: 4 Agustus 2020   22:24 34 0 0 Mohon Tunggu...

Oleh: Baderi.

MAN 11 Jakarta bertekat menjadi Madarasah Riset, demikian sebagaimana yang diungkapkan Kepala MAN 11 Jakarta, Drs. Musahir, M.Pd. dalam pidatonya di depan walimurid kelas X, Selasa (4/8). Lebih lanjut dikatakan bahwa keputusan ini diambil sebagai upaya meningkatkan karakter siswa MAN 11 Jakarta. Melalui riset, diharapkan para siswa memiliki daya juang, kemampuan kerjasama, kreatifitas, keuletan dan inovasi.

Melalui Riset, Siswa MAN 11 Jakarta akan memperoleh pembinaan selama beberapa waktu untuk mengetahui dasar-dasar penelitian.  Siswa akan belajar hal-hal berkaitan dengan penelitian, memperoleh gambaran apa-apa yang dapat menjadi tema penelitian dengan membangun rasa keingintahuan, mengapa begini, mengapa begitu. 

dokpri
dokpri
Melalui riset, MAN 11 Jakarta ingin menyiapkan generasi muda yang mandiri yang mampu bersaing di era global. Hal tersebut diungkapkan Ketua Komite MAN 11 Jakarta, Eman Supriyadi, S.E., "yang melatarbelakangi salah satunya adalah upaya menyiapkan generasi masa depan yg mampu mandiri dengan hasil karya sendiri juga sebagai bekal dalam menyiapkan sdm yg mampu bersaing di era global seperti sekarang ini".

Lebih lanjut dikatakan bahwa saat ini sebelas (11) hasil riset siswa MAN 11 Jakarta yang dilombakan di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Adapun judul-judul penelitian tersebut diantaranya sebagai berikut:

1. Sintesis Bioplastik Polihidrosiakanoat (PHA) Ramah lingkungan dari Limbah Serbuk Kopi.
2. Nilai-nilai Karakter Dalam Novel Komet Minor Karya Tere Liye.
3. Uji Potensi Aktivitas Analgesik dan Sedatifitas Ekstrak Tanaman Tridax procumbens Linn. Dalam Bentuk Sediaan Minuman Herbal Dengan Variasi Penamahan Aroma dari Daun Teh Unfug Menurunkan Intensitas Rasa Niere Pada Tubuh.
4. Penggunaan Karbon Aktif Terimpregnasi TiO2 dari Sabut Kelapa Sebagai Filter Gas Buang Pada Reaktor Konversi Sampah Plastik Menjadi Bahan Bakar Minyak (BBM).
5. Pola Belajar Tunanetra Melalui Aplikasi Edukasi
6. Penggunaan Peltier dalam Pengaplikasian Baju Pengukur Suhu Tubuh dengan Suhu Lingkungan Sekitar.
7. Daur Lang Polusi.
8. Bunu Interaktif Covid-19 Untuk anak Sekolah Dasar Berbasis Augmented Reality.
9. Tingkat Keefektifan Pembelajaran Daring SIswa MAN 11 Jakarta pada Masa Pandemi Covid-19.

Demikian, harapan bahwa MAN 11 Jakarta menjadi wadah pencetak generasi yang unggul, berkarakter, nyaman, dan berdaya saing dapat terwujud. Teriring doa, semoga anak didik, siswa siswi MAN 11 Jakarta menjadi pribadi yang berkarakter, mandiri, unggul dan berdaya saing di era globalisasi saat ini

VIDEO PILIHAN