Mohon tunggu...
Bachtiar Rachmad Pudya
Bachtiar Rachmad Pudya Mohon Tunggu... Guru - kegiatan sehari-hari sebagai guru bimbingan belajar di Ananda Ceria, aktifitas lainnya menulis buku dan artikel.

Owner Ananda Ceria bisnis center, Author & Creator

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Saatnya untuk Bangkit dari Keterpurukan dan Belajar dari Setiap Kesalahan

24 Juni 2021   15:23 Diperbarui: 24 Juni 2021   15:30 82 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Saatnya untuk Bangkit dari Keterpurukan dan Belajar dari Setiap Kesalahan
Bersama Mentor Tn. Mohd Zulkifli Shafei, www.pgg100indonesia.com

Tidak ada jalan menuju kesuksessan tanpa pernah mengalami kegagalan dalam perjalanan hidupnya. Maka, hanya orang-orang yang mau berjuang secara konsisten dan disiplin lah dapat sukses mengapai impian dan cita-citanya. Setiap kesalahan dan kegagalan tidak cukup hanya disesali dan ditangisi saja, tapi lakukan instrpeksi diri. Untuk segera belajar dan bangkit dari keterpurukan.

Siapkan Hati Dan Diri

Yang paling diperlukan untuk untuk memotivasi diri dan bersemangat adalah persiapan hati dan diri . Sehingga menjadi lebih disiplin dan penuh konsisten dalam mengapai impian dan cita-cita. Beberapa persiapan diri dan hati yang perlu dilakukan untuk bangkit dari keterpurukan, antara lain:

Rubah Mindset

Yang paling utama untuk seseorang bangkit dari keterpurukan adalah merubah mindset. Agar motivasi diri dan semangat untuk memperbaiki kesalahan ataupun kegagalan yang pernah dialami sebelumnya. Maka, intropeksi diri menjadi langkah pertamnya.

Merubah mindset untuk terus belajar baik melalui buku, mengikuti seminar pelatihan dan pengembangan diri, juga belajar dari seorang mentor. Selain itu guakan pola hidup sederhana dan jujur akan kemampuan diri sendiri. Jangan sampai terjebak kedalam kesombongan yang nantinya akan menjerusmuskan kita pada kehancuran.

Bergaulah dengan mereka yang bermindset poisitif, bkan berarti kita memiih-milih orang. Tetapi, perbanyaklah berkumpul dan bergaul baik secara offine maupu online dengan mereka yang bermental positif. Sebab secara tidak langsung energi positif dari mereka yang bermindset poisitif akan mempengaruhi kita untuk bermindset positif juga.

Seperti yang disampaikan para bijak, "Ingatlah siapa diri kita di masa depan dapat diketahui dengan siap kita bergaul hari ini." Untuk itu perbanyak bergaulah dengan mereka yang berenergi dan bermental positif. Jika kita bergaul dengan kumpulan penggemar kopi, maka lambat laun kita juga akan suka kopi. Demikian juga jika kita banyak bergaul dengan para pebisnis, maka mindset bisnis kita juga akan tumbuh dan berkembang.

Gunakan Pola Hidup Sederhana

 Menjaga pola hidup sederhana, sangat penting bagi setiap orang agar terhindar dari sikap sombong dan konsumtif. Dalam pola hidup sederhana setiap orang dianjurkan untuk menyesuaikan diri dengan "kemampuannya" bukan dengan "kemauannya". Sehingga tidak terjebak ke dalam gaya hidup kosumtif.

Utamakan simpan pendapatan di awal bulan, buka mengunggu sisa belanja atau diakhir bulan. ingatlah selalu setiap unag yang kita beanjakan itu mengkayakan orang lain dan setiap uang yang kita tabung itu mengakayakan diri sendiri.. Gunakan pola hidup sederhana untuk kita dapat mencapai financial secure (keuanga yang aman).

Financal secure dapat kita peroleh dengan memiliki simpanan dana darurat dan dana cadangan, yang bermanfaat ketika terjadi suatu musibah terhadap diri kita. milikilah simpanan dana darurat yang nilainya sebesar 3 kali pendapatan dan simanan dana cadangan yang minimal nilainya sebesar 6 kali penghasilan. Selanjutnya untuk mulai meakuan investasi guna memperoleh penghasilan pasif guna persiapan masa pensiun.

Tetapi, tidak semua orang mampu menjaga kedisiplian mempertahankan financial securenya. Hal tersebut karena kebocoran uang simpanan sebagai akibat gaya hidup konsuntif, dampak dari pengaruh global. Maka, ada baiknya utnuk menggunakan emas batangan sebagai cara untuk antisipasi kebocoran keuangan tersebut.

Jadi tukar uang yang kita miliki ke dalam bentuk emas logam mulia 24 karat yang bersertifikat. Untuk mengantispasi kebocoroan simpanan dana darurat maupun dana cadangan yang kita miliki. Pilihlah emas batangan yang berbentuk fisik dan dicetak oleh pencetak emas yang terpercaya, seperti Antam, Public Gold, UBS, HWT, Halim King dan lain sebaginya. Yang sudah bersertifikat LBMA ataupun SNI.

Membaca Buku

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN