Mohon tunggu...
Bunglon
Bunglon Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Penulis

Jadi Bunglon demi Cuan | www.tiyarmangulo.com | www.responradio.com | wa: 085163535461

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Kontroversi Seputar Penggunaan Bantal pada Bayi

25 November 2023   11:32 Diperbarui: 25 November 2023   11:39 59
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kontroversi Seputar Penggunaan Bantal pada Bayi | klikdokter.com

Ketika memiliki bayi baru, para orang tua seringkali dihadapkan pada berbagai keputusan yang mendasar terkait kesejahteraan si kecil. Salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah seputar penggunaan bantal pada bayi. Dalam keadaan yang serba imut dan lembut, apakah penggunaan bantal diperlukan untuk kenyamanan bayi atau malah sebaiknya dihindari? Artikel ini akan membahas dilema tersebut, membuka wawasan tentang pro dan kontra penggunaan bantal pada bayi.

Pro Penggunaan Bantal pada Bayi

  • Bantal dapat memberikan kenyamanan ekstra pada bayi saat tidur. Permukaan yang lembut dapat membuat tidur bayi lebih nyaman dan dapat membantu menciptakan lingkungan tidur yang tenang.
  • Penggunaan bantal yang tepat dapat membantu mengurangi tekanan pada kepala bayi, terutama pada bagian belakang kepala. Ini bisa membantu menghindari terjadinya sindrom kepala datar.
  • Beberapa orang tua percaya bahwa bantal dengan desain tertentu dapat memberikan stimulasi sensorik pada bayi, membantu perkembangan motorik dan sensorik mereka.

Kontra Penggunaan Bantal pada Bayi

  • Sindrom Kematian Mendadak pada Bayi (Sudden Infant Death Syndrome atau SIDS) merupakan risiko serius yang terkait dengan penggunaan bantal pada bayi. Beberapa penelitian menunjukkan korelasi antara penggunaan bantal dan peningkatan risiko SIDS.
  • Bayi yang belum mampu membalikkan kepala dengan baik berisiko tertelan bantal saat tidur, yang dapat menyebabkan sesak napas atau bahkan kejadian yang lebih serius.
  • Beberapa ahli meyakini bahwa bayi seharusnya tidak menggunakan bantal untuk memberi mereka kebebasan bergerak dan merasakan lingkungan sekitarnya, yang dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Pertimbangan untuk Keputusan yang Bijak

Keputusan untuk menggunakan bantal pada bayi sebaiknya dipertimbangkan berdasarkan usia. Bayi yang masih sangat kecil dan belum bisa mengangkat kepala dengan baik mungkin lebih baik tidur tanpa bantal. Jika orang tua memutuskan menggunakan bantal, pastikan untuk memilih bantal yang dirancang khusus untuk bayi. Hindari bantal berukuran besar dan pilih yang tipis serta tanpa tambahan dekorasi yang dapat menjadi risiko. Orang tua sebaiknya selalu memantau tidur bayi dengan cermat, terlepas dari keputusan menggunakan bantal atau tidak. Gunakan tidur siang bayi sebagai waktu untuk memastikan bayi berada dalam posisi yang aman.

Kesimpulan

Dilema penggunaan bantal pada bayi menciptakan pertanyaan yang kompleks bagi orang tua. Sementara beberapa keuntungan dapat diakui, risiko terkait dengan SIDS dan bahaya lainnya juga perlu dipertimbangkan. Keputusan yang bijak memerlukan pemahaman yang baik terhadap kondisi bayi dan pengawasan yang teliti. Ingatlah untuk selalu berkonsultasi dengan dokter anak sebelum membuat keputusan terkait tidur bayi, sehingga dapat diambil langkah-langkah yang terbaik untuk kesejahteraan si kecil.(*) -tiyarmangulo

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun