Mohon tunggu...
Giorgio Babo Moggi
Giorgio Babo Moggi Mohon Tunggu... Petarung sejati.

Dream is My Life's Keyword.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Pengendara Sering Mengamuk Diduga Mengalami Gangguan Psikis Ini

9 Februari 2019   11:17 Diperbarui: 9 Februari 2019   11:39 105 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pengendara Sering Mengamuk Diduga Mengalami Gangguan Psikis Ini
Ilustrasi (Foto: Minutemantrucks.com)

Video seorang pria yang mencabik-cabik motor tunggangannya menjadi viral di jagad maya. Kisah kemesraan sepasang kekasih terusik oleh kehadiran polisi yang menilang mereka. Polisi bukan tanpa sebab menilang. Memang itu tugasnya. Tak hanya tugas, karena ada yang dilanggar oleh pengendara tersebut. Berkendaraan tanpa helm.

Karena kepergok polisi, pria itu emosi meledak-ledak. Bukan jurus bogem mengarah ke polisi, malah membanting motor milik mertuanya. Satu per satu onderdil motor dipretelin hingga motor dibanting-banting lalu ia meninggalkan lokasi tanpa merasa bersalah. 

Seorang polisi menyaksikan dari dekat mencatat surat tilang dengan tenang, lainnya merekam pemandangan unik itu. Sementara kekasih pria itu hanya bisa merintih dan menangis. 

Entah apa yang ditangisinya? Apakah menangis karena ditilang polisi? Apakah karena motor milik orang tuanya diacak-acak oelh kekasih hatinya? Dalam video tersebut, wanita itu hanya bisa menangis dan tak berusaha mencegah tindakan kekasihnya.

Watak Sosial

Peristiwa itu merupakan fenomena unik di negeri. Motor ditilang, kendaraan sendiri dipersalahkan. Salah apa dengan motor yang adalah benar mati itu?  Warganet yang menyaksikan kejadian video itu pasti tak habis pikir dengan tindakan pria itu. Pengendara lain di lokasi kejadian jadikan peristiwa itu sebagai tontonan menarik.

Perstiwa itu menggambarkan watak sosial pengguna jalan raya di Indonesia. Banyak peristiwa pelanggaran lalu lintas terjadi. Bila pengendara 'dipergok', polisi malah 'dinantangin' oleh pengendara tanpa mengakui rasa bersalah. Diajak berdebat bahkan melayangkan pukulan kepada petugas lalu lintas. Berbagai peristiwa itu masih lekang di ingatan kita.

Seorang ibu tak menerima kenyataan harus ditilang. Ibu itu terus mengamuk dan menabrakkan bodi depan motor matiknya ke tubuh Polantas yang bertugas.  Tak sampai di situ, wanita yang tak mengenakan helm tersebut menggigit tangan kanan petugas tersebut (Kompas.com, 23/02/2018).

Peristiwa di Bogor hampir serupa yang terjadi di Kudus. Seorang ibu marah kepada polisi karena ditilang. Ia bahkan memukul dan berkata kasar (memaki) polisi.  Polantas lainnya menenangkan ibu tersebut untuk tetap santun. Polisi menjelaskan ibu itu ditilang karena melanggar aturan lalu lintas. Dia tidak tahu kenapa kemudian ibu itu marah-marah (Detik.com, 02/06/2018).

Kecerdasan Emosional Rendah

Peristiwa pria bernama Adi Saputra yang mengamuk karena ditilang mendapat perhatian dari  Psikolog dari Universitas Indonesia, Kasandra Putranto. Kasandra mengatakan  emosi yang meledak-ledak merupakan tanda kecerdasan emosional yang rendah (Kompas.com, 08/02/2019).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x