Mohon tunggu...
B2_Restia_putri_septiani
B2_Restia_putri_septiani Mohon Tunggu... Mahasiswa - interesting

never give up

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peran Unisa dalam Menghadapi Covid-19

21 Januari 2022   23:50 Diperbarui: 21 Januari 2022   23:58 27 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PANDEMI Coronavirus Diseases atau yang sering di sebut dengan Covid-19. WHO (Worid Health Organization) sebagai organisasi kesehatan menyampaikan penyakit menular yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2, Indonesia menginfomasikan pada tanggal 2 Maret 2020 virus tersebut telah masuk ke Indonesia. Sebagian besar orang Indonesia yang tertular COVID-19 akan mengalami gejala ringan hingga sedang, dan akan pulih tanpa penanganan khusus. Namun, sebagian orang akan mengalami sakit parah dan memerlukan bantuan medis. Bahkan banyak juga yang meninggal di karenakan penyakit virus ini.

Belum menunjukkan tanda-tanda akan mereda. Tetapi, sudah banyak ahli dan pakar yang memberikan analisis dan prediksi akan mulai meredanya dengan catatan semua pihak mau terus siap berperan, bersinergi, dan bekerja sama untuk mengatasinya. Termasuk peran perguruan tinggi. Ada tiga peran pendidikan tinggi terutama terkait aspek pendidikan, pembelajaran, dan pengajaran riset dan inovasi. Mahasiswa dapat memanfaatkan media sosial untuk membuat gerakan bersama mahasiswa satu Universitas atau seluruh Indonesia. Mahasiswa dapat mengajak masyarakat melalui media online untuk mematuhi protokol kesehatan dan menjaga jarak fisik serta dapat menggalang donasi yang ditujukan kepada yang membutuhkan ditengah pandemi. Dari tiga peran sentral perguruan tinggi , memang dalam tataran praktik dan implementasinya terjadi perbedaan antara satu kampus dan kampus lainnya karena ada banyak faktor pendukung.

Salah satunya yaitu Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta. Universitas 'Aisyiyah juga berperan aktif dalam menghadapi pandemi Covid-19. Contohnya seperti di setiap ruangan tersedia tempat cucu tangan, dan hand sanitizer, selain itu setiap mahsiswa yang melalukan pembelajaran offline ataupun dosen di wajib kan memakai masker dan mematuhi protokol kesehatan . Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta juga ikut berkontribusi dalam penyelengaraan vaksinisasi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain menyelenggarakan secara internal,  Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta juga ikut berkontribusi dalam penyelenggaraan vaksinasi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Salah satunya dengan mengirimkan tenaga vaksinator di beberapa kegiatan vaksinasi yang digelar pemerintah di Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan peran serta lembaga-lembaga seperti Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta bisa dilihat bahwa masih banyak pelajar atau lembaga-lembaga yang peduli tentang pandemi covid-19 serta berpartisipasi berperan dalam menghadapi Covid-19, dengan adanya peran serta lembaga-lembaga seperti Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta diharapkan dapat mengurangi virus Covid-19 yang masih terus ada di sekeliling kita.

https://www.unisayogya.ac.id/

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan