Mohon tunggu...
B2_ Dwi Indah Puspaning Tyas
B2_ Dwi Indah Puspaning Tyas Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Halo, saya adalah Mahasiswa S1

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Camilan Sehat, Bantu Tingkatkan Imun Tubuh Selama Pandemi

29 Juni 2021   21:30 Diperbarui: 30 Juni 2021   01:27 87 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Camilan Sehat, Bantu Tingkatkan Imun Tubuh Selama Pandemi
Sumber: Republika

Virus Corona telah menginfeksi ratusan juta orang di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, sudah lebih dari dua juta orang positif COVID-19. Memperkuat imun tubuh merupakan cara kita agar tidak mudah terkena COVID-19. Tidak hanya virus Corona, jika sistem imun tubuh kita kuat maka kita akan terhindar juga dari penyakit lainnya. Kita juga harus selalu menerapkan protokol kesehatan dimanapun kita berada, seperti mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak.

Siapa saja yang terkena COVID-19? Virus Corona tak pandang bulu, siapapun dapat terkena virus ini, terutama pada orang yang memiliki sistem imun tubuh yang lemah. Apakah virus ini ada obatnya? Hingga saat ini belum ditemukan obat untuk menangkal virus ini. 

Hal ini yang menyebabkan Kementerian Kesehatan Indonesia menghimbau agar masyarakat Indonesia menjalankan pola hidup bersih serta selalu menjaga daya tahan tubuh. Meskipun dalam tubuh kita memiliki sistem imun untuk melawan virus dan bakteri penyebab timbulnya penyakit. 

Namun, ada beberapa hal yang dapat melemahkan sistem imun kita yaitu penuaan, kurang gizi, penyakit, bahkan obat-obatan tertentu. Oleh karena itu, fungsi sistem imun perlu kita jaga agar daya tahan tubuh kuat. Cara yang paling simpel adalah konsumsi makanan kaya akan nutrisi dan seimbang setiap hari.

Kamu merasa bosan dengan menu makan yang kamu konsumsi sehari-hari? Tenang, kamu bisa membuat kreasi camilan sehat yang dapat membantu kamu meningkatkan daya tahan tubuh. Tak hanya menyehatkan, tentu saja camilan ini enak rasanya. Berikut rekomendasi camilan sehat yang bisa kamu coba :

1. Ubi panggang dengan Ghee

Sumber: Makan Banyak
Sumber: Makan Banyak

Makanan ini sangat mudah dibuat. Kamu cukup potong ubi jalar menjadi potongan-potongan kecil lalu olesi dengan ghee (mentega murni) dan panggang dalam oven Tidak punya oven? Kamu bisa juga mengukusnya. Ghee (mentega murni) merupakan sumber lemak yang memiliki efek anti-inflamasi. Sedangkan ubi kaya akan serat dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh.

2. Smoothie Yoghurt

Sumber: Simple Veganista
Sumber: Simple Veganista

Tidak hanya kaya akan protein dan kalsium, yoghurt rendah lemak juga memiliki banyak bakteri baik untuk meningkatkan sistem kekebalan dan pencernaan. Yoghurt dapat menjadi sumber vitamin D yang baik. Vitamin D membantu mengatur sistem kekebalan dan meningkatkan pertahanan alami tubuh kita dari penyakit. Biasanya rasa yoghurt terasa hambar, kamu bisa menambahkan beberapa buah segar dan madu lalu dibuat menjadi smoothie. Segar dan menyehatkan.

3. Popcorn

Sumber: Allrecipes
Sumber: Allrecipes

Popcorn dapat meningkatkan daya tahan tubuh karena kaya akan serat. Eitss! Jangan konsumsi popcorn kemasan ya, tentu saja itu tidak sehat karena sudah tercampur dengan pemanis buatan dan kandungan lainnya. Kamu bisa membeli biji jagung khusus popcorn di supermarket/minimarket. Lalu, masak dalam panci dengan dicampur sedikit minyak zaitun dan keju.

4. Puding jeruk

Sumber: Melex.id
Sumber: Melex.id

Puding merupakan camilan yang sudah tidak asing lagi buat kita. Cara membuatnya pun tidak sulit, kamu cukup beli puding kemasan lalu tambahkan potongan jeruk. Jeruk memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C dapat meningkatkan sel darah putih untuk melawan infeksi.

5. Camilan manis

Sumber: Liputan 6
Sumber: Liputan 6

Selama pandemi tentu kita merasa bosan, jenuh, dan depresi, kita perlu mengkonsumsi makanan manis secukupnya. Menurut Elizabeth T Santosa selaku Praktisi Psikolog menjaga kondisi fisik tidak hanya dengan konsumsi makanan sehat, tetapi perlu juga diimbangi dengan perasaan bahagia disetiap suasana. Tahukah kamu perasaan bahagia dapat meningkatkan imunitas tubuh? Ketika hormone endorphine manusia tinggi, analgesic (pereda sakit) alami diproduksi tubuh dan memberikan efek bugar, imunitas tinggi, dan tidak mudah sakit. Endorphine sangat penting diproduksi oleh tubuh, khususnya di saat pandemi seperti sekarang. Contoh camilan manis yang sehat dan bisa dikonsumsi adalah coklat matcha (green tea), permen jelly buah, dan es pisang coklat.

6. Cilok sayur

Sumber: Kabarin.co.id
Sumber: Kabarin.co.id

Cilok menjadi camilan favorit masyarakat Indonesia, terutama pada anak-anak dan remaja yang gemar jajan. Kamu juga bisa membuat sendiri di rumah loh, ditambah dengan berbagai macam sayur seperti sayur bayam dan wortel. Bayam dikenal tinggi akan kandungan vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin C, folat, dan magnesium. Kandungan nutrisi tersebut dapat meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas tubuh. Wortel juga mengandung vitamin A dan antioksidan yang dapat membantu mempertahankan dan meningkatkan daya tahan tubuh.


Nah tadi adalah beberapa rekomendasi camilan sehat yang bisa membantu kita tingkatkan imunitas tubuh. Jadi, camilan mana yang mau kamu coba?

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x