Mohon tunggu...
Azzumar Abdillah
Azzumar Abdillah Mohon Tunggu... PK IMM FKIP Uhamka

Jakarta, 02 Oktober 2000. UHAMKA. PCPM Tanah Abang IV. PK IMM FKIP UHAMKA

Selanjutnya

Tutup

Kisahuntukramadan

Iman, Ilmu, dan Amal Sholeh Pasca Ramadhan

24 Mei 2020   09:58 Diperbarui: 24 Mei 2020   10:05 35 1 1 Mohon Tunggu...

Tak terasa ramadhan telah meninggalkan kita, sudah satu bulan lamanya kita bersama dengan bulan ramadhan, bulan penuh keberkahan. Memang ramadhan kali ini berbeda dengan ramadhan tahun sebelumnya yang mana kita diberi ujian oleh Allah dalam bentuk virus Covid-19. Ujian tersebut menandakan agar manusia menyadari bahwa manusia ialah makhluk yang kecil dihadapan Allah, bahkan dengan makhluk yang berbentuk viruspun manusia tidak mampu berbuat banyak.

Maka sudah seharusnya ini menjadi muhasabah atau intropeksi diri bagi manusia khususnya umat Islam atas apa yang terjadi pada hari ini. Sebagai umat Islam kita tidak boleh luntur semangat beribadah walaupun dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19 pada saat ini. Justru kita harus meningkatkan takwa kita karena dengan adanya kita berlama di rumah seharusnya kita dapat terus menerus mendekatkan diri kepada Allah.

Manusia sebagai Khalifah di muka bumi ini haruslah menjadi tauladan serta berbuat baik kepada makhluk yang lainnya. Apalagi kita sebagai orang muslim yang diutus sebagai khairuummah, umat terbaik yang membawa kema'rufan dan mencegah dari hal yang munkar.

Idul Fitri tahun ini memang berbeda karena kita hanya berada di rumah dan bersilaturahmi dengan saudara secara online atau terpisah oleh jarak. Namun tidak boleh mematahkan silaturahmi kita dan pensucian diri kembali pada hari yang suci. Maka idul Fitri tahun ini kita sebagai umat Islam harus berintrospeksi diri dan menjadi contoh bagi umat manusia.

Pada idul Fitri tahun ini mungkin kita dapat berkumpul bersama keluarga dengan berkecukupan. Namun sebagian lain dari saudara kita belum dapat merasakan kebahagiaan idul fitri karena keterbatasan dan dampak dari Covid-19. Maka dari itu pentingnya kita sebagai umat Islam bukan hanya beribadah secara ritual tapi juga secara sosial. Karena orientasi beragama dalam Islam hablumminallah dan hamblumminnas haruslah seimbang. 

Pentingnya iman , ilmu , dan amal Sholeh selepas ramadhan. Sebagai orang yang beriman tentunya kita akan berusaha mempertahan kualitas ibadah kita walaupun hanya berada di rumah. Selain itu kita harus dapat menunjukan paradigma berkemajuan seorang muslim dimana saat ini kita dihimbau untuk berada di rumah, maka kita harus dengar perintah pemimpin dan ulama untuk kemaslahatan bersama.

Jangan sampai karena ego kita yang rugi bukan hanya individu tetapi juga orang lain entah itu keluarga ataupun lingkungan sekitar. Lalu kita bukan hanya dapat beribadah secara ritual saja tapi juga dengan sosial dengan cara memberi makan orang miskin dan masyarakat terdampak Covid-19. Ini bagian dari dakwah Islam sebagai agama rahmatan Lil A'lamin. Iman dan amal Sholeh di dalam Al-Qur'an selalu disebutkan beriringan. Maka ketika diri kita sudah beriman kepada Allah tidaklah lupa untuk melakukan amal Sholeh.

Idul Fitri sebagai gerbang kita mencapai gelar taqwan. Ramadhan telah berlalu ibadah puasa prinsipnya untuk mencapai ketaqwaan dari Allah. Sekarang bagaimana kita mempertahankan derajat taqwa serta amal Sholeh kita selama ramadhan dan dibawa kepada bulan-bulan selanjutnya.

Pentingnya kita menjadi orang yang bertafakur, orang yang berfikir merenung terhadap amalan kita yang sudah dilakukan saat ramadhan. Serta menjadi orang yang tasykurun, orang yang bersyukur atas segala nikmat Allah dalam menghadapi situasi hari ini. Berbeda bukan berarti menghilangkan semangat dalam beribadah dan bersyukur namun menjadi spirit kita dalam beriman dan beramal sholeh. Maka sebagai umat Islam tak lupa untuk bermuhasabah dan memohon ampunan kepada Allah Tuhan yang Maha Esa.

Demikian mari sama sama kita bermuhasabah untuk mempertahankan dan memperbaikki kualitas amal kita pasca ramadhan tahun ini. Marilah kita mensyukuri kemenangan pada hari raya idul Fitri sebagai momentum meningkatkan kualitas ibadah spiritual dan sosial. Semoga amal ibadah kita diterima dan mendapat berkah dari Allah. 

Billahi fii sabililhaq fastabiqul Khoirot

VIDEO PILIHAN