Mohon tunggu...
Azzahroh Safa Natasafira
Azzahroh Safa Natasafira Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Airlangga

Interested in economy, fashion, traveling, and culinary.

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Pisang Goreng Unik Khas Sulawesi

2 Juli 2022   20:45 Diperbarui: 2 Juli 2022   20:48 56 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Siapa sih yang tak kenal dengan makanan yang satu ini? Yup Pisang goreng namanya, makanan sederhana yang tentunya sangat digandrungi oleh masyarakat Indonesia

Pisang goreng merupakan salah satu camilan yang sangat mudah ditemui diberbagai penjuru nusantara. Camilan yang satu ini cocok dimakan pada musim apapun tapi lebih cocok saat musim hujan, menjadi teman secangkir kopi atau teh. 

Pisang goreng terbuat dari campuran tepung terigu, telur, garam, gula, dan air, dan bahan yang paling penting adalah pisang. Pedagang pisang goreng biasanya menggunakan jenis pisang kepok atau pisang raja.

Seiring berkembangnya zaman, pisang goreng bertransformasi menjadi sebuah makanan yang disajikan dengan berbagai topping di atasnya atau juga dicocol dengan glaze berbagai rasa, membuatnya menjadi makanan yang cukup dilirik oleh generasi muda. 

Mungkin bagi sebagian besar orang, memakan pisang goreng dengan topping-topping yang memiliki rasa manis adalah hal yang biasa. 

Namun, tidak dengan beberapa masyarkat Indonesia yang tinggal di provinsi Sulawesi. Masyarakat Manado, Palu, Makassar, dan yang lainnya terbiasa memakan pisang goreng dengan cocolan sambal.

Yup, kalian tidak salah baca, pisang goreng dan sambal, dua kombinasi makanan yang memiliki rasa yang sangat berbeda. Pisang goreng dengan rasa manisnya dan sambal dengan rasa pedasnya. Kombinasi ini mungkin terdengar aneh bagi banyak orang, namun hal ini sudah menjadi kebiasaan masyarakat Makassar, Manado, dan sekitarnya. Biasanya sambal yang digunakan adalah sambal roa, yaitu sambal yang terbuat dari campuran ikan asap roa, cabe rawit, dan bawang merah. Selain dengan sambal roa pisang goreng khas Sulawesi ini juga dapat dimakan dengan sambal terasi. 

Pisang goeng dengan cocolan sambal ini biasanya dijual dengan harga yang cukup terjangkau sekitar Rp2000/buah. Selain harganya yang murah, makanan ini juga sangat mudah ditemukan di kedai-kedai yang ada di tempat pariwisata di Sulawesi. Banyak wisatawan yang datang ke Sulawesi, khususnya Manado tetarik untuk mencoba makanan ini. Mereka ingin menjawab rasa penasarannya tentang kombinasi rasa antara pisang goreng dan sambal roa.

Jadi, kalian pilih yang mana nih? Pisang goreng dengan berbagai toping yang manis atau ingin mencoba pengalaman baru dengan mencicipi pisang goreng yang dicocol sambal? Apapun pilihannya kita harus menghargai selera orang lain yaa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan