Mohon tunggu...
Azzahra Adha
Azzahra Adha Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa

Harian KKN Reguler Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa KKN UM Melakukan Pengembangan dan Pelatihan Penggunaan Website kepada Perangkat Desa Sumberejo

28 Juli 2021   23:43 Diperbarui: 29 Juli 2021   00:12 22 1 0 Mohon Tunggu...

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi sangat membawa pengaruh yang sangat besar dalam kehidupan manusia, terutama perkembangan internet. Salah satu produk yang dihasikan oleh internet yaitu media yang sering kita sebut website. Dilihat dari perkembangan teknologi yang terus menerus mengalami kemajuan, maka ibu Yuniawatika, S.Pd., M.Pd. selaku dosen pendamping lapangan beserta mahasiswa KKN UM terutama Novian Laksono Putro mahasiswa pendidikan Informatika UM, dan Maria Yorozi Andini Fedin mahasiswa Pendidikan  Administrasi Perkantoran sebagai Penanggung Jawab telah mengembangan website desa serta melakukan pelatihan penggunaan website kepada perangkat desa Sumberejo. Pembuatan website desa ini oleh Mahasiswa KKN UM bertujuan untuk memperkenalkan  seluruh potensi-potensi yang ada di desa Sumberejo dan mempermudahkan masyarakat dalam mencari informasi terbaru mengenai desa .

Pembuatan website Desa Sumberejo ini dilakukan melalui 3(tiga) tahap, tahap yang pertama yaitu pemilihan domain untuk website Desa Sumberejo. Tujuan dari pembuatan domain ini, adalah untuk mempermudah semua orang baik itu masyarakat, perangkat desa maupun orang-orang  yang hendak mengujungi atau mencari informasi yang dibutuhkan pada website Desa Sumberejo. Selanjutnya, yaitu pembuatan tampilan awal website. Tampilan awal website ini dapat menjadi ciri khas dari web Desa Sumberejo yang  berisikan visi dan misi desa Sumberejo. Sedangkkan tahap terakhir dalam pembuaan website ini yaitu pembuatan menu pada website. Untuk menu yang dibuat pada website Desa Sumberejo terdiri dari 6 (enam) menu yaitu beranda, berita desa, potensi desa, produk desa, agenda desa, dan panduan layanan desa. Menu pada website ini memiliki fungsinya masing-masing yaitu berisikan informasi yang dapat diakses atau dilihat oleh masyarakat luas.

dokpri
dokpri

Setelah  pembuatan website desa oleh tim KKN UM diselesaikan, tahap selanjutnya yaitu  melakukan pelatihan penggunaan website kepada perangkat desa Sumberejo. Pada proses pelatihan ini dikuti oleh satu orang perangkat desa sumberejo yang bertanggung jawab mengelola website tersebut.Dikarenakan kondisi pandemi yang mengharuskan semua masyarakat tetap di rumah, maka proses pelatihan penggunaan website dilakukan secara online yaitu melalui aplikasi google meet.

Tim KKN UM mengharapkan dengan adanya program kerja pengembangan dan pelatihan website kepada perangkat desa sumberejo dapat memanfaatkan website tersebut dengan  semaksimal mungkin guna untuk memperlancar pelayanan kepada masyarakat.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN