Mohon tunggu...
Azzahra L Maudisna
Azzahra L Maudisna Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Pendidikan Tatabusana UPI

You Never Know Until You Try

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Menumbuhkan Minat Literasi dengan Media Dongeng Boneka Jari

26 September 2021   03:24 Diperbarui: 26 September 2021   06:48 79 1 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Literasi merupakan kemampuan yang harus dimiliki anak sejak usia dini yang dapat di jadikan sebagai pondasi anak agar dapat meninggkatkan kemampuan anak dalam berkomunikasi, memecahkan masalah, serta membantu anak agar dapat berpikir secara logis.Menurut pengertian dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Literasi merupakan kemampuan dalam  menulis dan membaca.Berdasarikan pada hasil survei organisasi pengembangan kerjasam ekonomi (OECD), menunjukan peringkat budaya membaca masyarakat Indonesia menempati posisi terendah dari deretan 52 negara di kawasan Asia Timur.

Maka dari itu  kita perlu menerapkan budaya litersasi pada anak sejak usia dini agar anak-anak di Indonesia memliki wawasan dan kemampuan komunikasi yang baik,  serta memiliki kemampuan untuk dapat berpikir secara logis.

Mengembangkan minat literasi pada anak sejak usia dini dapat dilakukan melalui pembacaan donngeng sebagai media pengenalan budaya litersi.
Menurut pengertian Charles Perrault, dongeng merupakan cerita pendek mengenai petualangan khayal dengan situasi dan tokoh tokoh yang gaib dan luar biasa.
Dilansir dari laman resmi Gerakan Literasi Nasional (GLN), oleh kemendikbud manfaat dari mendongengen adalah:

1.Meninggkatakan literasi anak sejak dari usia dini
2.Meninggkatkan kreativitas dan imajenasi anak
3.Dongen menyisipkan pelajaran berharga yang mengandung nilai moral serta dapat membentuk karakter anak.
4.Dan dongeng juga dapat mempererat hubungan anak denga wali murid.

Agar dongeng menjadi lebih menarik untuk anak usia dini media boneka jari dapat di jadikan pilihan alat bantu untuk meng visualisasikan  isi dari cerita dan tokoh di dalam dongeng-dongeng. Boneka jari sendiri merupakan boneka yang dapat di masukan ke dalam jari tangan dan memiliki ukuran sebesar jari tangan orang dewasa. Penggunaan  boneka jari dapat memicu anak untuk bernalar, berimajinasi, serta  membentuk segala sesuatu yang berhubungan dengan objek di dalam dongeng.

Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan