Mohon tunggu...
Azzah Nadya Nurzahra
Azzah Nadya Nurzahra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Teknik Industri Universitas Airlangga

Saya merupakan mahasiswa program studi S1 - Teknik Industri Universitas Airlangga 2021. Saya memiliki kepribadian introvert dan hobi bersepeda. Saya juga tertarik dengan bidang manufaktur, advanced technology dan lainnya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Kombinasi Teknologi Blockchain dengan Kecerdasan Buatan (AI)

3 Juli 2022   19:01 Diperbarui: 3 Juli 2022   19:40 360 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Teknologi blockchain dan kecerdasan buatan merupakan teknologi yang muncul dari Revolusi Industri 4.0 yang telah memperkenalkan perubahan radikal dalam industri. 

Kombinasi antara keduanya akan menghasilkan teknologi yang membawa kekuatan baru yang luar biasa. Di Indonesia sendiri, teknologi AI telah berkembang pesat seiring bertambahnya pengguna internet. Akan tetapi, istilah blockchain masih cukup asing bagi beberapa masyarakat umum.

Blockchain adalah sebuah rangkaian catatan data bersama yang tidak dapat diubah, dimana di dalamnya tidak dimiliki oleh entitas apapun serta menyediakan pertukaran data terenkripsi secara langsung dan transparan secara bersamaan ke banyak pihak saat mereka memulai dan menyelesaikan transaksi. 

Sedangkan AI adalah bidang ilmu komputer yang mengandung tiga elemen inti yaitu, data, komputasi dan algoritma. AI dikhususkan untuk memecahkan masalah kognitif yang umumnya terkait dengan kecerdasan manusia, seperti pembelajaran, pemecahan masalah, dan pengenalan pola.

Lalu bagaimana blockchain dikombinasikan dengan AI?

Sejatinya blockchain diciptakan untuk menyempurnakan AI. Kecerdasan buatan dapat meningkatkan produktivitas dan blockchain meningkatkan hubungan produksi. 

Blockchain dapat menganalisis, melatih, dan memodelkan serta menggunakan kembali data pada chain dengan menggunakan kecerdasan buatan. Kombinasi blockchain dan kecerdasan buatan meningkatkan segalanya mulai dari food supply chain logistics, data kesehatan hingga biaya lisensi media dan keamanan finansial.

Nilai-nilai atau values yang dihasilkan dapat memberikan peluang baru di mana Blockchain dan AI diimplementasikan. 

Authenticity. Catatan digital blockchain menawarkan wawasan tentang kerangka kerja di balik AI dan sumber data yang digunakannya, mengatasi hambatan pengembangan data AI. 

Hal ini membantu meningkatkan kepercayaan pada integritas data dengan perluasan pada rekomendasi yang diberikan oleh AI. Adapun menggunakan blockchain untuk menyimpan dan mendistribusikan model AI, memberikan jejak audit, dan memasangkan blockchain dan AI dapat meningkatkan keamanan data.

Augmentasi. AI dapat dengan cepat dan komprehensif membaca, memahami, dan menghubungkan data dengan kecepatan yang luar biasa, membawa tingkat kecerdasan baru ke jaringan bisnis berbasis blockchain. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan