Mohon tunggu...
Azzah Nadiya
Azzah Nadiya Mohon Tunggu... Lainnya - Pelajar

Tidak ada yang namanya kesuksesan kalo kita belum pernah terjatuh dan berusaha untuk bangkit

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Alasan Mengapa Harus Mempelajari Bahasa Arab

30 November 2022   17:38 Diperbarui: 30 November 2022   17:44 69
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bahasa merupakan alat komunikasi antar manusia yang sangat penting. Karena dengan bahasa kita semua bisa saling berkomunikasi dan  menjalin hubungan. Dengan bahasa kita juga bisa mengungkapkan pikiran, perasaan, gagasan, ide, dan lain-lain. Bahasa yang ada di kehidupan ini sangat banyak, salah satunya adalah bahasa arab.

Bahasa arab merupakan bahasa yang tumbuh dan berkembang di bagian timur tengah. Pada tahun 1973, bahasa arab diresmikan sebagai bahasa internasional dan bahasa arab berada di posisi kedua dalam daftar bahasa internasional. Selain itu, bahasa arab juga merupakan bahasa yang istimewa karena bahasa arab adalah bahasa Al-Qur'an. Dari banyaknya bahasa yang ada di bumi ini, Allah SWT memilih bahasa arab sebagai bahasa Al-Qur'an. Oleh karena itu, bahasa arab merupakan bahasa yang istimewa. Yang mana disebutkan dalam firman Allah SWT surat Az-Zumar ayat 27 dan 28 yang berbunyi:

() ()

"Sesungguhnya telah Kami buatkan bagi manusia dalam Al Quran ini setiap macam perumpamaan supaya mereka dapat pelajaran (27), (Ialah) Al Quran dalam bahasa Arab yang tidak ada kebengkokan (di dalamnya) supaya mereka bertakwa (28)."

Karena bahasa arab merupakan bahasa Al-Qur'an, otomatis bahasa arab merupakan bahasa islam. Bagi orang islam, bahasa arab biasa digunakan dalam kesehariannya seperti membaca Al-Qur'an, mengerjakan sholat, berdoa, dan lain-lain. Selain itu, di Indonesia sendiri bahasa arab biasa digunakan oleh kalangan santri dalam bahasa kesehariannya ataupun dalam pembelajarannya. Akan tetapi, di zaman millenial ini bahasa arab di Indonesia tidak hanya berperan aktif di kalangan santri. Tetapi bahasa arab juga berperan aktif ketika seseorang hendak mempelajari agama atau untuk orang-orang yang hendak berpergian menuju negara-negara yang ada di bagian timur tengah.

Mempelajari bahasa arab pun tak sesulit yang dibayangkan oleh kebanyakan orang diluar sana. Justru bahasa arab itu merupakan bahasa yang memahamkan. Seperti firman Allah SWT dalam surat Yusuf ayat 2 yang berbunyi:

()

"Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Quran dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya."

Maksud dari surat yusuf ayat 2, dalam tafsir jalalen, (Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Alquran dengan berbahasa Arab) dengan memakai bahasa Arab (agar kalian) hai penduduk Mekah (memahaminya) memahami makna-maknanya. Artinya Al-Qur'an diturunkan dengan menggunakan bahasa arab karena bahasa arab mudah dipahami, agar kita bisa mengamalkan dan pemahaman kita bertambah karena paham akan makna-makna di dalam Al-Qur'an yang tinggi dan mulia.

Oleh karena itu, di zaman millenial ini kita sebaiknya tidak hanya belajar bahasa inggris tapi kita juga perlu memulai belajar bahasa arab untuk berkomunikasi, menjalin hubungan dan memperluas relasi. Karena, nantinya akan menambah ilmu pengetahuan dari relasi tersebut dan semoga Allah mempermudah jalan dalam mempelajari bahasa arab.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun