Mohon tunggu...
Azza Rohaliyah Dini
Azza Rohaliyah Dini Mohon Tunggu... Lainnya - -

-

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pemanfaatan Twitter sebagai Media Belajar Bahasa Inggris

4 September 2022   11:56 Diperbarui: 4 September 2022   12:22 539 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosial media sebagai platform digital yang memfasilitasi para pengggunanya untuk saling berkomunikasi dan membagikan kabar, merupakan hal tidak asing lagi di zaman sekarang ini. Mulai dari anak - anak hingga orang dewasa menggunakanya. Sebagian dari kita pastinya memiliki dan menggunakan akun sosial media yang digunakan untuk berkomunikasi, berinteraksi ataupun sebagai media belajar. 

Sosial media selain dapat membantu kita untuk bersosialisasi dengan teman - teman melalui dunia maya, sosial media juga memiliki banyak manfaat yang lainnya, salah satunya yaitu sebagai media untuk belajar bahasa inggris.

Salah satu contoh sosial media yang dapat dimanfaatkan sebagai media belajar dan berlatih bahasa inggris yang cukup efisien adalah Twitter. Hal yang sangat perlu diperhatikan dalam memanfaatkan sosial media Twitter sebagai media belajar bahasa inggris adalah menentukan target serta tujuan kita dalam belajar. 

Seperti umumnya, secara alami kegiatan belajar berbahasa yang biasa dilakukan ketika menggunakan sosial media adalah membaca dan menulis. Belajar bahasa inggris melalui social media jika dilakukan secara terukur makan akan dapat dirasakan kemajuannya.

Dalam social media  Twitter, kita dapat bersosialisasi dan berinteraksi dengan teman dari berbagai mancanegara. Kita dapat melatih dan belajar bahasa inggris melalui media Twitter dengan sering membaca berita kabar berbahasa inggris yang ada di timeline, menulis cuitan ataupun berinteraksi dengan teman menggunakan bahasa inggris.

Adapun beberapa tips atau cara yang dapat dipraktekan langsung dalam belajar bahasa inggris melalui sosial media twitter anatara lain adalah :

1. Menulis cuitan dalam bahasa inggris

Kita dapat menulis cuitan kita di twitter menggunakan bahasa inggris seperti sapaan ringan "Good morning everybody!!", dapat melatih kepercayaan diri dan menuangkan gagasan isi pikiran kita ke dalam bentuk tulisan. Selain itu, menjawab cuitan teman "How's your day guys?" ataupun pertanyaan sederhana lain juga memiliki manfaat dalam memancing kita untuk berinteraksi dan saling bercakap di kolom replyan dengan menggunakan bahasa inggris.

2. Mengikuti/ memfollow akun berbahasa inggris

Salah satu langkah yang cukup efisien adalah untuk belajar bahasa inggris melalui sosial media adalah dengan membaca, di twitter, hal tersebut dapat dilkukan dengan dengan memfollow akun berita berbahasa inggris seperti BBC Breaking News, BBC News (UK), BBC News (World), CNN, CNN Breaking News, dan masih banyak lagi.

3. Mengikuti akun personal ataupun fanbase artis/idol mancanegara yang digemari

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan