Mohon tunggu...
Hilmiazmi
Hilmiazmi Mohon Tunggu... Mahasiswa

URIP IKU YO OBAH

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Betapa Pentingnya sebuah Komitmen

21 Desember 2019   03:00 Diperbarui: 21 Desember 2019   04:46 153 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Betapa Pentingnya sebuah Komitmen
tribunnews.com

Komitmen adalah sesuatu yang sangat penting dalam sebuah hubungan karena sejatinya, komitmen bagaikan pondasi untuk membangun sebuah hubungan dan awal yang baik untuk memulai. Setiap pasangan harus memegang erat sebuah komitmen untuk mencapai kesuksesan dalam sebuah hubungan, bukan hanya mempercayai satu sama lain melainkan berpegang erat pada setiap janji kepada pasangan.

Tidak mudah untuk memulai sebuah hubungan yang berpegang erat pada komitmen, begitu juga untuk mempertahankannya. Banyak pasangan yang memulai hubungan mereka dengan komitmen kemudian mereka meninggalkan satu sama lain tanpa alasan, tetapi sebenarnya mereka hanya tidak bisa berpegang erat pada komitmen.

Ada juga pasangan yang mampu mempertahankan hubungan mereka sampai akhir hayat, meskipun begitu banyak rintangan yang mereka hadapi karena mereka bisa berpegang erat pada komitmen yang telah mereka sepakati. Banyak kisah yang dapat kita ambil mengenai sebuah kesuksesan dalam berkomitmen, seperti kisah cinta mantan presiden kita yaitu Alm. Bapak B.J. Habibie.

B.J. Habibie dan istrinya menjalani sebuah hubungan yang penuh rintangan sampai akhir hayat mereka. Besarnya cinta Habibie dan Ainun semakin tampak ketika Ibu Negara ketiga RI itu berpulang pada 22 Mei 2010. Habibie tak kuasa membendung rasa kehilangan. Tangisnya pecah di depan pusara sang istri. Dan setelah itu, pak Habibie rutin berkunjung ke makam mendiang istrinya.

tribnunnews.com
tribnunnews.com
Meski sedang berada di luar kota, pak Habibie tetap mengusahakan untuk kembali ke Jakarta pada Kamis karena keesokan harinya dia akan berkunjung ke makam Ainun di Taman Makam Pahlawan Kalibata. Ketika tak mengunjungi makam, doa-doa pak Habibie tak pernah putus untuk Ainun. Kemudian di tahun 2019, beliau menghembuskan nafas terakhir. Dan sampai akhir hayatnya, beliau tetap setia kepada istrinya.

Dengan mengutip kisah tentang perjalanan cinta B.J. Habibie dan Ainun, dapat kita ambil sebuah pelajaran yang sangat berharga tentang komitmen. Maka dari itu, mulailah berpegang teguh terhadap komitmen yang kita buat kepada diri kita sendiri dan kemudian kita terapkan untuk berkomitmen dengan pasangan demi mencapai kesuksesan dalam sebuah hubungan.

VIDEO PILIHAN