Mohon tunggu...
Azmi Hardi Roza
Azmi Hardi Roza Mohon Tunggu... Wiraswasta - Ingin menjadi ayah yang baik

Suka jalan kaki, suka makan pempek

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Mahasiswa Kuda-kuda

4 September 2021   12:28 Diperbarui: 4 September 2021   12:31 57 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mahasiswa Kuda-kuda
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Masa kegiatan PKMB atau Kegiatan Pengenalan Mahasiswa Baru sudah dimulai. Status yang dulunya Siswa berubah menjadi Mahasiswa. 

Status berubah suasanapun juga berubah. Lingkungan belajar juga pasti berbeda. 

Di lingkungan yang baru ini, sebagai mahasiswa lebih dituntut untuk belajar mandiri. Tidak seperti siswa lagi yang harus menunggu instruksi dari guru. Inilah prinsip yang mesti dipegang sedari awal sebagai mahasiswa.

Bersyukurlah bagi mereka yang saat ini bisa menjadi mahasiwa. Sebagai mahasiswa selain belajar banyak kegiatan yang bermanfaat yang bisa dilakukan. Kegitan kegiatan diluar belajar tersebut modal kemadirian di dunia kerja atau dunia usaha jika mahasiswa ingin tekun didunia usaha nantinya. 

Sebagai mahasiswa mereka bisa melatih dirinya berorganisasi, berdagang, menulis, olahraga, kebahasaan atau bergabung dengan unit kegiatan mahasiswa lainya.

UKM, Unit Kegiatan Mahasiswa adalah wadah mahasiswa berkegiatan luar kelas untuk mengembangkan bakat atau keahlian tertentu. UKM merupakan partner organisasi kemahasiswaan intra kampus lainya seperti Senat Mahasiswa atau Badan Eksekutif Mahasiswa baik BEM fakultas atau Universitas.

Seperti judul diatas, Mahasiswa Kuda Kuda adalah mahasiswa yang mempunyai kegiatan selain kuliah mereka berdagang. Saya mengistilahkanya dengan Mahasiswa Kuda Kuda (kuliah -- dagang). 

Yaitu mahasiswa yang disela waktu belajarnya ia tergabung dalam UKM berdagang, memiliki toko secara mandiri atau bekerja ditoko orang lain secara parttime atau mereka punya toko online di beberapa platform ecommerce. 

Kegiatan ini sangat positif. Hal ini dapat melatih mahasiswa dalam berwirausaha. Terdapat juga matakuliah yang menjembatani antara teori dan aplikasi yaitu matakuliah kewirausahaan. Selain itu kampus memfasilitasi ruang bahkan modal usaha dengan kriteria dan persyaratan tertentu yang mesti mahasiswa penuhi.

Ada banyak keuntungan dan manfaat yang didapat dari mahasiswa yang kuliah sambil berdagang, katakanlah berbisnis. 

Maaf kata, mahasiswa yang terbiasa berdagang dan berbisnis memiliki kemampuan melihat peluang dan kesempatan lebih jeli. Kemampuan manejerial dan marketingnya semakin terasah. Yang namanya marketing atau pemasaran semakin diasah semakin tajam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan