Mohon tunggu...
Aziz Aminudin
Aziz Aminudin Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis Lepas, Trainer, Personal Coach, Terapist, Hipnoterapist, Pembicara, Online Marketer, Web Design

Praktisi Kehidupan, Kompasianer Brebes www.azizamin.net Founder MPC INDONESIA www.mpcindonesia.com WA : 0858.6767.9796 Email : azizaminudinkhanafi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Cara Unik Merekam Jejak Digital dengan Menulis

30 Mei 2022   06:38 Diperbarui: 30 Mei 2022   06:44 77 8 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gus Ulum dan Cak Adi, Kompasianer Brebes, menulis di Rest area 360 B - dokpri

Pagi kompasianer,

Lama tidak menulis, dan saya masih tetap menjadi penganut madzab menulis butuh sisi dari dalam.

Yah tidak mudah untuk memiliki motivaso yang kuat dan konsisten untuk menulis, saya sangat salut dan hormat kepada Gus Ulum yang sering saya panggil Kang Jilum ( H Bahrul Ulum ) khususnya dalam menulis.

Kang Jilum adalah inisiator, creator dan saya boleh bilang yang membudani banyak lahirnya jurnalis jurnalis warga di Kabupaten Brebes salah satunya Komunitas Kompasianer Brebes ( KomBes Community ) tahun 2018.

Kang Jilum selalu punya cara unik untuk memotivasi dan membimbing para penulis baik kader baru maupun yang lama yang tentunya menyesuaikan minat dan bakatnya.

Sebut saya beberapa komunitas jurnalis warga yang saat ini ada dan masih eksis adalah Celoteh Brebes Membangun ( CBM ), Komunitas Kompasianer Brebes (KomBes Community) dan saat ini Kang Jilum sedang mengembangkan Jurnalis Warga di Kabupaten dengan dukungan dari PPMN.

Salah satu program yang sedang berjalan adalah terkait dengan tematik pemilu dimana jurnalis warga di Kabupaten Brebes dilatih dan dibuatkan kegiatan untuk memberukan edukasi terkait pemilu diantaranya : Sekolah Pemilu dengan melibatkan lembaga penyelenggara pemilu seperti KPU, Bawaslu dan OPD terkait untuk memberikan materi materi terkait pemilu.

Kang Jilum mengatakan harapannya jurnalis warga memiliki peran besar sebagai kontrol media dengan menyajikan informasi - infornasi terkait pemilu sehinga secara tidak langsung diharapkan akan meningkatkan tingkat partisipasi masayarakat pada saat pemilu. " kunjungi beberapa akun sosial kami youtube, twitter, IG, Halaman FB dengan nama Melek Pemilu " tambahnya.

Dari sisi personal saya sangat salut pada sosok Kang Jilum, ia selalu saja dimanapun dan kapanpun akan menuliskan kegiatannya, sehingga saya melihat bahwa apapun dokumentasi kegiatan akan sangat mudah dicari atau dilacak secara digital.

Saya menyebutnya ini adalah cara unik seorang penulis untuk membuat jejak digital 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan