Mohon tunggu...
Aziz Aminudin
Aziz Aminudin Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis Lepas, Trainer, Personal Coach, Terapist, Hipnoterapist, Pembicara, Online Marketer, Web Design

Praktisi Kehidupan, Kompasianer Brebes www.azizamin.net Founder MPC INDONESIA www.mpcindonesia.com WA : 0858.6767.9796 Email : azizaminudinkhanafi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

Ramadan 2020, Covid-19 Selesai Tugasnya

27 April 2020   23:00 Diperbarui: 27 April 2020   23:28 409
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tebar Hikmah Ramadan. Sumber ilustrasi: PAXELS

Malam Kompasianer,

Pertanyaan yang menggelitik saya tentang " Harapan pribadi untuk Ramadan 2020 ? ", saya hampir kehilangan kata -- kata dan pikiran mendadak blank !!! ( kosong ), saya bingung antara memiliki harapan dan tidak merasa memilikinya.

Hampir tiga puluh menit saya mulai mencoba fokus apa sejatinya harapan pribadi dibulan ramadhan 1441 H ini yang tepatnya pada tahun 2020 M. Ya saya mulai mengingat idealisme saya dimana selalu mengatakan bahwa harapan saya bulan ramadhan ini menjadi orang yang bertaqwa, klise memang tapi kenyataannya harapan semua orang akan bisa manjalani ramadhan ini dengan mendapatkan predikat orang yang bertaqwa.

Semudah itu kah ?, tentu tidak mudah untuk menjadi seorang yang menyandang predikat sebagai orang yang bertaqwa menjalani sebulan masa ujian di ramadhan, karena khususny ramadhan 2020 ini sangat berbeda nuansa ramadhan -- ramadhan sebelumnya dimana kita berada pada masa terjadinya pandemi covid 19.

Harapan -- harapan ramadhan yang lumrah.

Saya jadi ingat beberapa bulan ramadhan -- ramadhan sebelumnya dimana wajar setiap muslim memiliki harapan atas bulan suci yang sangat luar biasa, bulan dilipat gandakan pahala amal ibadah dan kebaikan, maka wajar semua orang berlomba mencari keberkahan dibulan suvci ramadhan, diantara harapan muslim sebelum ramadhan 2020 H adalah ;

  • Bisa menjalankan Ibadah Puasa Full satu bulan dengan amalan -- amalah sunah lainnya.
  • Bisa menghatamkan Al Qur'an minimal 2 atau 3 kali hatam
  • Bisa Itikaf di masjid 10 hari terakhir
  • Bisa mendapatkan kesempatan malam laelatul qodar
  • Dan masih banyak lagi harapan -- harapan yang lumrah dan wajar walau terkesan monoton.

Ramadhan 2020 bersama Covid 19

Entah bagaimana saya memaknai ramadhan 2020 kali ini, saya sampai saat ini saja masih merasa belum bisa 100% bahagia, walau sejatinya harusnya saya bahagia bahwa apapun yang terjadi saat ini pasti tidak luput dari skenario Allah Ta'ala bagi kita.

Ya, memang ada banyak hal yang akan membuat hati kita merinding dan merasa sedih bahkan kecewa, bayangkan saja bukan hanya satu wilayah dibalahan bumi Allah saja yang mengalami kondisi seperti ini, akan tetapi seluruh dunia boleh dibilang sedang mengalami kondisi yang sama sedang mengalami pandemi covid 19.

Apasih Covid 19 ?

COVID-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis coronavirus yang baru ditemukan. Ini merupakan virus baru dan penyakit yang sebelumnya tidak dikenal sebelum terjadi wabah di Wuhan, Tiongkok, bulan Desember 2019.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun