Mohon tunggu...
Azizah Masrukah
Azizah Masrukah Mohon Tunggu... Nama lengkap

IKLAS BERAMAL

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Membangun Madrasah Melalui Geramm

27 Juni 2019   07:49 Diperbarui: 27 Juni 2019   07:50 0 1 2 Mohon Tunggu...
Membangun Madrasah Melalui Geramm
dokpri

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur telah meluncurkan Gerakan Ayo Membangun Madrasah (GERAMM) sebagai program untuk membangun madrasah dengan mengoptimalkan potensi madrasah. Melalui program ini diharapkan  madrasah lebih berbenah mengoptimalkan diri berinovasi dalam mewujudkan madrasah hebat bermartabat.

Kegiatan GERAMM yang dilaksanakan di Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi dilaksanakan mulai tgl 25 s/d29 Juni 2019, dibagi menjadi 5 kelompok dari seluruh Kecamatan.

Pada hari ke-dua Rabo(26/6) kegiatan GERAMM dilaksanakan  di KKM Kec. Purwoharjo, Tegaldlimo, Muncar, Cluring dan Srono. Kegiatan ini diikuti  oleh 78 peserta dari 62 madrasah, yang terdiri dari Kepala madrasah dan Ketua Yayasan. Kegiatan ini dibuka oleh Pengawas Kecamatan yang berketempatan yakni  Hj. Miftahul Karimah.

Lebih lanjut beliau menjelaskan, bahwa program  GERAMM dibagi dalam 7 gerakan, yaitu Gerakan Literasi Madrasah (GELEM), Gerakan Madrasah Sehat (GEMES), Gerakan Madrasah Inovatif (GEMI), Gerakan Furudhul Ainiyah (GEFA), Gerakan Peningkatan Kompetensi Guru (KATA SIGURU), Gerakan Peningkatan Kompetensi Kepala Madrasah (KATA SIKAMAD), Gerakan Peningkatan Kompetensi Pengawas (KATA SIAWAS).

Dengan kegiatan penguatan- penguatan GERAMM ini, diharapkan dapat menjadi dasar dalam membangun dan mengembangkan literasi pada madrasah, mendesain madrasah yang inovatif, madrasah yang sehat dengan pemgembangan dan evaluasi Unit Kesehatan Sekolah, serta tidak melupakan pengembangan furudul ainiyah. Tidak lupa GERAMM juga menyentuh pengembangan sumber daya manusia madrasah yaitu kepala madrasah, guru, dan pengawas.

Tidak hanya materi gerakan ayo membangun madrasah, materi lain juga disampaikan oleh narasumber -narasumber lainya yaitu tentang PKKM penilaian kompetensi kepala madrasah dan materi tentang PKB pengembangan keprofesian berkelanjutan, yang disampaikan oleh narsum berikutnya Pengawas Khomarudin dan kepala MIN 1 Banyuwangi.

Kegiatan berakhir sampai dengan bagaimana menyusun PTK dengan baik dan benar menurut kaidah karya Tulis Ilmiyah.

AYO MEMBANGUN MADRASAH... BERINOVASI...MELUI GERAMM...!!!

Muncar, 26-06-2019

AZIZAH MASRUKAH