Mohon tunggu...
Nur AzizahDwi
Nur AzizahDwi Mohon Tunggu... Hi✨I am Nutritionist On Process

Follow me and follow my social media✨ Ig : @azizahdj_

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Tips Hidup Sehat Selama Pandemi Covid-19

25 Juni 2021   09:03 Diperbarui: 25 Juni 2021   09:59 37 1 0 Mohon Tunggu...

Covid-19 terus menyebar luas hingga seluruh negara. Salah satu negara yang terkena Covid-19 yaitu Indonesia. Di Indonesia, Covid-19 dinyatakan ada pada hari Senin, 2 Maret 2020. Hingga Juni 2021, Covid-19 di Indonesia masih ada bahkan terus meluas dan setiap harinya kasus positif Covid-19 terus meningkat.

Covid-19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus Sars-CoV-2 yang menyerang sistem pernafasan. Gejala terkena virus Covid-19 pun terdapat beberapa gejala. Diantaranya gejala yang umum yaitu flu, ketajaman indra penciuman berkurang, dan batuk. Sedangkan gejala lainnya yaitu demam, tenggorokan kering, dan nyeri.

Adannya virus tersebut hingga saat ini, maka dapat dikatakan sebagai pandemi Covid-19. Pademi sendiri merupakan suatu penyebaran penyakit yang sangat luas dan menjangkit banyak orang.
Virus Covid-19 juga dapat menyerang manusia dengan imunitas tubuh manusia yang rendah. Oleh karena itu, untuk menghindari terkena virus Covid-19, alangkah baiknya kita menjaga kesehatan.

Berikut tips tetap sehat selama pandemi Covid-19 :
1. Melakukan 3M
3M yaitu mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, dan menjaga jarak. 3 M dapat dilakukan ketika keluar rumah.
2. Menjaga Kebersihan Lingkungan
Menjaga kebersihan lingkungan selama pandemi Covid-19 yaitu dengan melakukan penyeterilan barang-barang yang sering dipegang dan lingkungan sekitar kita dengan diinsfektan.
3. Melakukan Aktifitas Fisik yang Tepat
Aktifitas fisik yang tepat dapat dilakukan dengan olahraga selama 10-15 menit setiap harinya. Dan melakukan berjemur dibawah sinar matahari selama 5-10 menit setiap harinya pada pagi hari.
4.  Mengonsumsi Makanan Bergizi
Makanan bergizi sangatlah penting dikonsumsi selama pandemi Covid-19 agar tetap hidup sehat. Mengonsumsi makanan bergizi dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, serat, dan mineral.
Dikarenakan untuk menghindari terkena virus Covid-19 dengan menjaga imunitas dalam tubuh agar tetap stabil, dapat dilakukan pengonsumsian makanan, minuman, bahkan suplemen yang memiliki kandungan vitamin c, vitamin b6, vitamin d, dan vitamin e. Dan beberapa bahan makanan yang baik dikonsumsi untuk menjaga imun tubuh yaitu sayur dan buah. Sayur dan buah yang baik dikonsumsi yaitu sayur brokoli, bayam, dan tomat. Sedangkan buah, yaitu buah jeruk, pepaya, dan jambu biji.
5. Minum Air Putih yang Cukup
Minum air putih yang cukup sebanyak 2 liter pada setiap harinya, dapat membantu memenuhi cairan dalam tubuh agar terhindar dari dehidrasi.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x