Mohon tunggu...
FAUZAN AZIMA
FAUZAN AZIMA Mohon Tunggu... Mahasiswa - FAUZAN AZIMA

MAHASISWA

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Penerapan Media Pembelajaran Offline di Masa Pandemi di MAN 2 Kota Padang

28 Oktober 2021   21:11 Diperbarui: 28 Oktober 2021   23:27 52 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Media, kata media yang berarti sebuah sarana atau alat yang dipergunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi dari seorang pengirim kepada penerima informasi, dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman dari penerima pesan. 

Sedangkan media pembelajaran adalah suatu sarana penyampaian pembelajaran dari guru kepada siswa, sehingga dapat merangsang perhatian dan minat siswa dalam mengikuti pelajaran. 

Media pembelajaran ada dua jenis yaitu media online dan offline, dari media tersebut ada banyak macam sarana atau alat yang digunakan untuk menunjang proses pembelajaran.

Pada tanggal 2 Maret 2020, merupakan awal diberitakannya kasus pandemi pertama di Indonesia. Sejak saat itu kasus Covid-19 melonjak pesat dan menyebar keseluruh wilayah di Indonesia, banyaknya korban dari virus ini membuat pemerintah mengambil tindakan pengeluaran surat keputusan bahawa segala aktivitas masyarakat di luar ruangan diberhentikan , salah satunya yaitu pada aspek pendidikan, proses belajar mengajar yang semula di sekolah, dialihka menjadi di rumah masing-masing atau yang kita kenal sekarang dengan proses pembelajaran daring ( dalam jaringan ).

Di Indonesia sendiri, dengan adanya kebijakan dari pemerintah, berharap menekan penyebaran virus Covid-19 di Negeri ini. Berlangsungnya pembelajaran daring selama kurang lebih satu tahun, menjadikan media pembelajaran berkembang, yang sebelumnya melaksanakam pembelajaran secara langsung tetapi sekarang harus melakukan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan internet, salah satu contoh media pembelajaran daring yang berkembang yaitu google classroom dan yang lainnya.

Pada pertengahan tahun 2021 ini pemerintah telah mengeluarkan kebijakan untuk perizinan sekolah melakukan pembelajaran luring ( luar jaringan) atau pembelajaran tatapmuka secara bertahap. Proses pembelajaran luring ini dilakukan dengan cara bergiliran pada masing-masing sekolah, untuk melihat perkembangan dan dampak yang ditimbulkan dari mulainya pembelajaran tatap muka tersebut.

Di MAN 2 Kota Padang sendiri kegiatan belajar mengajar secara luring atau offline telah dimulai dari awal semester baru ini. Observasi yang saya lakukan di sekolah ini berlangsung secara offline dengan saya mendatangi sekolah tersebut dan mengamati proses pembelajaran yang terjadi di sana. 

Proses pembelajaran yang dilakukan secara bergantian tiap kelasnya membuat pembelajaran offline di sekolah ini menerapkan protocol kesehatan dengan baik dan maksimal.

Media yang digunakan dalam pelaksanaan proses pembelajaran offline di sekolah ini menggunakan fasilitas yang telah disediakan oleh pihak sekolah,  seperti papan tulis, dan buku paket yang bisa dipinjam oleh siswa di perpustakaan. 

Selain itu ketersediaan alat seperti peta, globe, ataupun file bahan ajar yang diberikan oleh guru kepada siswa tersedia dengan baik, walaupun alat tersedia lengkap tetapi sekolah ini belum mempunyai laboratorium khusus untuk IPS.

Jadi sekolah ini menggunakan alat atau media yang di sediakan dengan baik baik dalam penggunaannya maupun dalam perwatannya yang wajib dilakukan oleh siswa, guru dan warga sekolah yang bertanggung jawab penuh atas alat atau media yang digunakan untuk menjaga dan menghindari kerusakan yang terjadi guna untuk berlangsung secara jangka panjang.

Fauzan Azima

Mahasiswa UIN Mulana Malik Ibrahim 

Malang

Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan