Mohon tunggu...
Noor Azharul Hanifah
Noor Azharul Hanifah Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Sebelas Maret

Ilmu Administrasi Negara 2017

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

KKN UNS Covid-19 Tahun 2020 di Pedukuhan Kuwirun, Kulon Progo

6 September 2020   08:14 Diperbarui: 6 September 2020   09:28 47 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN UNS Covid-19 Tahun 2020 di Pedukuhan Kuwirun, Kulon Progo
Mendukung Program Kegiatan Pedukuhan, Melakukan  Pembagian Masker dan Sabun Cuci Tangan Kepada Warga Bersama Kepala Dukuh Kuwirun dan Babinsa Kulwaru

Kulon Progo- Pada tahun ini Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret dilaksanakan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kegiatan KKN UNS pada tahun 2020 dilaksanakan sebagai salah satu bentuk kepekaan UNS dalam merespon situasi pandemik Covid-19, yang mana mahasiswa memiliki peran sebagai relawan penanganan Covid-19 di daerah masing-masing. Pelaksanaan KKN UNS Covid-19 dilaksanakan secara dalam jaringan (daring) maupun luar jaringan (luring) dengan mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditentukan.

Noor Azharul Hanifah (D0117074), mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Negara ikut serta dalam kegiatan KKN UNS Covid-19 dibawah arahan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr. Kristina Setyowati M.Si. Kegiatan KKN dilaksanakan mulai 23 Juli- 23 Agustus 2020 di Pedukuhan Kuwirun, Kulwaru, Wates, Kulon Progo dengan tema "Supporting Pemahaman Masyarakat Terhadap Covid-19".

Program kerja yang dilaksanakan selama kegiatan KKN antara lain, pertama Sosialisasi Seputar Covid-19 Secara Luring maupun Daring yang mana kegiatan berupa edukasi langsung kepada lansia dan anak-anak seputar Covid-19, pembagian poster secara daring melalui WhatsApp Group dan Instagram. Kedua, Info Grafis Update Kasus Covid-19 yang dilakukan dengan membagikan poster secara daring melalui WhatsApp Group dan Instagram tentang update kasus Covid-19 di Indonesia, Kabupaten Kulon Progo, dan Kapanewon Wates. 

Ketiga, Sosialisasi tentang New Normal Secara Daring yang dilakukan melalui WhatsApp Group dan Instagram. Keempat, Sosialisasi dan Tutorial Cara Mencuci Tangan dan Cara Membuat Masker Kain yang mana sosialisasi dilakukan secara daring dengan membagikan poster melalui WhatsApp Group dan Instagram. Lalu kegiatan secara luring dilakukan dengan mengajak anak-anak untuk mempraktekkan cara cuci tangan yang benar, serta pembuatan tutorial cara mencuci tangan dan membuat masker kain yang dipublikasikan melalui Instagram. Kelima, Mendukung Program Kegiatan Pedukuhan pada Umumnya dan Covid-19 Pada Khusunya seperti ikut serta dalam sosialisasi Pengelolaan Sampah "KSM TPS 3R", pembagian masker dan sabun cuci tangan, serta ikut dalam evakuasi karantina warga yang pulang dari luar negeri.


Dari program kerja yang telah terlaksana diharapkan dapat meningkatkan pemahaman serta kepedulian masyarakat mengenai Covid-19 agar selalu mematuhi protokol kesehatan dan menjalankan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

VIDEO PILIHAN