Mohon tunggu...
Azfa tsany
Azfa tsany Mohon Tunggu... sebagai siswa

Nama azfa tsany

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Tidur dengan Menyalakan Lampu Sehat Nggak Sih?

21 September 2019   13:55 Diperbarui: 21 September 2019   13:58 0 1 0 Mohon Tunggu...

Mayoritas manusia lebih menyukai tidur dengan menyalakan lampu dibanding mematikan lampu walaupun masih ada. Padahal ketahuilah bahwa tidur seperti itu dapat berdampak buruk terhadap kesehatan. Salah satunya kanker. Apa penyebabnya?

Ternyata neskipun kita tertidur cahaya dapat terdeteksi oleh kelopak mata kita dan otak tidak akan memproduksi melatolin. Ada yang tahu apakah melatonin? Melatonin adalah hormon neurotropik dengan gugus antioksidan indolamina, yang disintesis oleh kelenjar pineal yang terletak di dalam otak dari senyawa asam amino triptofan.

Berikut adalah dampak yang belum kalian ketahui dari bahaya menyalakan lampu saat tidur

1. Kemungkinan terkena kanker

    Sudah dikatakan dari awal. Kenapa bisa terjadi seperti itu? setiap gangguan pada ritme sirkadian dapat memicu pelepasan hormon stress dan inilah yang dapat meningkatkan risiko kanker.

2. Membuat badan gemuk

     24 jam kita mengontrol beberapa hormon seperti, ghrelin, insulin dan serotonin yang berpengaruh kepada nafsu makan, penyimpanan lemak, dan mood. Sehingga menghambat sirkulasi dan berdampak pada kegemukan

3. Rentan insomnia

      pencahayaan lampu kamar pada larut malam yang berasal dari lampu pijar dapat mengurangi tingkat melatonin, sehingga kita menjadi sulit tertidur.

4. Menyebabkan depresi

        pencahayaan di malam hari, meskipun redup dan hanya setara dengan lampu tidur, dapat meningkatkan perubahan fisiologis.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x