Perkembangan Teknologi dalam era globalisasi adalah hal yang tak bisa terpisahkan dari kehidupan masyarakat saat ini, semua informasi dari berbagai sudut dunia dapat diakses dengan cepat berkat dengan adanya kemajuan teknologi. Teknologi telah hadir sebagai kemewahan bagi masyarakat dalam menjalani berbagai aktivitasnya. Besarnya perkembangan internet di Indonesia seiring dengan penambahan infrastuktur dalam teknologi kemudian membuat para pelaku bisnis memiliki keleluasan dalam memilih suatu media dan format apa yang akan digunakan dalam penyampaian pesan terbaik kepada para konsumenya. Dalam dunia industry kreatif,menjadi seorang content creator adalah salah satu dari sekian banyak profesi yang cukup banyak dinikmati oleh masyarakat terutama kelompok generasiZ dan milenial sebagai sumber penghasilan tetap maupun sampingan, profesi content creator adalah penciptaan bisnis baru yang dilahirkan dari media sosial. Seorang content creator tidak harus mempunyai tittle Pendidikan yang tinggi dan harus mempunyai wawasan yang kaya, siapapun bisa menjadi content creator dengan syarat ada kemauan dan tekad. Tetapu efektivitasnya akan lebih optimal jika dibarengi dengan kemampuan kreativitas, keahlian, dan talenta yang baik
Content creator merupakan profesi yang muncul akibat dengan adanya perkembangan teknologi, yang dimana profesi ini mencakup proses pembuatan konten, distribusi konten dan evaluasi konten, dengan adanya profesi ini seseorang bisa menghasilkan uang asalkan serius dan bersungguh sungguh dengan bidang yang ditekuninya. Sumber penghasilan dari content creator berasal dari endorst dan jual produk digital
Pengertian Content CreatorÂ
Content Creator adalah individu kreatif yang menghasilkan berbagai jenis konten, seperti video, tulisan, gambar, atau audio, untuk dibagikan melalui platform digital. Konten ini bisa berupa hiburan, edukasi, informasi, atau bahkan promosi produk atau jasa. Singkatnya, content creator adalah orang-orang di balik layar yang membuat kita terhibur, terinformasi, dan terinspirasi di dunia digital.
Apa Saja Yang Dilakukan Content Creator
Membuat ide: Mencari ide-ide kreatif untuk konten baru.
Merencanakan konten: Membuat jadwal posting, menentukan tema, dan membuat outline.
Memproduksi konten: Mengambil gambar, merekam video, atau menulis artikel.
Mengedit konten: Menyunting video, foto, atau tulisan agar terlihat profesional.
Mempromosikan konten: Membagikan konten di berbagai platform media sosial.
Berinteraksi dengan audiens: Membalas komentar, pesan, dan terlibat dalam diskusi.