Mohon tunggu...
azas tigor nainggolan
azas tigor nainggolan Mohon Tunggu... Pengacara - Advokat dan Analis Kebijakan Transportasi

Aktivis Perkotaan yang advokat dan Analis Kebijakan Transportasi

Selanjutnya

Tutup

Transportasi

Bus Transjakarta Menabrak Sesama Bus Transjakarta

26 Oktober 2021   12:14 Diperbarui: 26 Oktober 2021   12:18 30 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Transportasi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Wirestock

Kemarin pada hari Rabu, 25 Oktober 2021sekitat jam 08.30 wib terjadi kecelakaan bus Transjakarta menabrak bus Transjakarta lainnya. Kejadian tabrakan antar bus Transjakarta itu terjadi di Halte Transjakarta Cawang arah Pinang Ranti, Jakarta Timur. Saya tabrakan terjadi salah satu bus Transjakarta sedang menunggu penumpang masuk ditabrak dari belakang oleh bus Transjakarta lainnya.

Atas kejadian ini dapat kita analisa bahwa bisa jadi ada Standar Operasional Prosedur (SOP) yang dilanggar. Bisa kejadian tabrakan itu disebabkan oleh kondisi pengemudi yang tidak siap karena mengantuk atau sedang tidak fokus. Tabrakan tersebut bisa juga terjadi akibat dari kondisi kendaraan bus Transjakarta yang tidak lain operasional seperti rem tidak dalam kondisi tidak baik. 

Untuk mendapatkan kesimpulan atas kejadian tabrakan itu, sebaiknya komisi Nasional Kecelakaan Transportasi (KNKT) melakukan penyelidikan kecelakaan tersebut. Barulah kita bisa mengatakan apa penyebab kecelakaan antar bus Transjakarta kemarin.

setelah didapatkan hasil penyelidikan  penyebab tabrakan, pihak PT Transjakarta dan Pemprov Jakarta melakukan evakuasi dan pemeriksaan pelanggaran SOP yang ada. Harap juga Pemprov Jakarta dan manajemen Transjakarta meminta maaf kepada para korban dan keluarga korban dan berjanji akan bekerja baik dan mengawasi pelayanan secara benar.. Juga melakukan upaya pemberian informasi yang baik agar warga Jakarta tidak trauma atau takut menggunakan layanan transportasi publik Transjakarta.

Jakarta, 26 Agustus 2021.
Azas Tigor Nainggolan.
Analis Kebijakan Transportasi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Transportasi Selengkapnya
Lihat Transportasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan