Mohon tunggu...
Ayu Wulandari
Ayu Wulandari Mohon Tunggu... It's me

From here I know that to think without doing anything is empty

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Tips Parenting: Beberapa Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Orangtua kepada Anak

14 September 2019   08:05 Diperbarui: 14 September 2019   08:13 0 3 0 Mohon Tunggu...
Tips Parenting: Beberapa Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Orangtua kepada Anak
sumber: medium.com/@sallyruby2005

Jikalah Merasa Marah Maka Proposional (Sesuai dengan Porsinya), jangan sampai anak-anak mempunyai salah 2 tapi anda bisa berkali-kali lipat memarahi mereka. Anak yang sering dimarahi berlebihan, dia juga akan membuatnya marah pada dunianya kemudian. 

Seperti begini, jika kita terkadang melihat orang dewasa yang sering marah-marah, sulit menghargai orang lain, tidak bisa hangat dengan orang lain, itu karena di masa kecilnya dia jarang atau bahkan tidak pernah menerima apa yang di namakan kehangatan, kesabaran atau cinta kasih sayang dari orang yang dulu mengasuhnya.

Sehingga ia menjadi seperti yang saat ini, sering marah tanpa terkontrol dan tidak peduli di sekitarnya. Maka dari itu mulai saekarang para orang tua janganlah memarahi anak secara berlebihan.

Jangan Tunjukkan Sikap Berdebat di Depan Anak, maksudnya adalah jangan tunjukkan sikap berbeda pendapat saat didepan anak, karna hal itu juga sangat berbahaya jika diketahui anak, seperti 1. Dia jadi tahu jikalah orang tuanya tidak kompak 2. 

Dia akan membenci seseorang dan akan bernaung kepada orang lain (salah satu dengan orang taunya, entah itu ayah atau ibu) dan nantinya juga berkemungkinan anak akan menjadi pribadi yang tidak tegas, tidak mempunyai kepastian dan tidak berprinsip.

Membandingkan Anak dengan Orang Lain, hal tersebut bisa menimbulkan ketidaknyamanan, jangankan anak-anak, kita sendiri jika dibandingkan dengan orang lainpun akan merasa tidak suka atau tidak nyaman. 

Seperti contoh, jika didalam keluarga terdapat dua orang anak, kakak adek, maka perlakukan mereka dengan adil, jika ingin memuji, maka pujilah mereka berdua sehingga tidak ada pemikiran kita sedang pilih kasih terhadap keduanya, intinya jangan dibanding-bandingkan.

Terlalu Sibuk Sehingga Tidak Ada Waktu untuk Anak, banyak orang tua tidak menyadari akan hal ini, banyak yang berfikiran bahwa ketidakadaan waktunya itu untuk kebaikan si anak, mencari nafkah untuk keluarga.

Bertengkar di Depan Anak, jangan tunjukkan hal- hal negatif didepan anak seperti bertengkar di depan anak, hal tersebut dapat berpotensi untuk ditiru oleh anak, ada beberapa anak yang tidak meniru, tetapi dapat menganggu psikologi anak.

Jangan Memuji Anak Berlebihan, sesuatu yang berlebihan memang tidaklah baik adanya, salah satunya memuji anak secara berlebihan. Sikap anak yang dibiasakan dengan perlakuan pujian ini dapat membentuk pribadi anak menjadi manja, pemberontak, dan penuntut. Jika ini dibiarkan, bukan anak saja yang akan rugi, tapi orang tua juga akan terkena dampak buruknya dan lebih parah akibatnya.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x