Mohon tunggu...
Ayu Widia Fathiah
Ayu Widia Fathiah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Farmasi

Perkenalkan saya Ayu Widia asal Kota Bekasi sedang menempuh kuliah di Kota Malang sebagai Mahasiswa Farmasi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penyelenggaraan Pengajaran Ilmu Agama di SDN Sidomulyo 02 bersama PMM-UMM

28 September 2022   18:41 Diperbarui: 28 September 2022   18:46 47 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa universitas Muhammadiyah Malang melalui program PMM ( Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa) gelombang 8 kelompok 59 memberikan penjelasan terhadap pentingnya belajar ilmu agama terutama belajar membaca Al-quran, dimana hal yang peling penting dalam Al-quran adalah belajar ilmu tajuwid, seorang guru agama pernah mengatakan bahwa sebelum memulai membaca Al-Qur’an wajib untuk mempelajari, memahami, dan menghafal makharijul huruf dan sifatnya. Mempelajari tajwid dan tahsin merupakan ilmu dasar jika kita ingin membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.karena Tujuan belajar ilmu tajwid adalah memelihara bacaan Al-Quran dari kesalahan dan perubahan serta memelihara lisan (mulut) dari kesalahan membaca.

Tujuan kita mempelajari ilmu tajwid Al-Qur’an adalah agar kita dapat melafalkan hurf-huruf hijaiyah dengan baik, sesuai dengan makhraj dan sifatnya, untuk menjaga kemurnian bacaan Al-Qur’an, sehingga sesuai dengan yang di ajarkan oleh Rasulullah SAW dan menjaga lisan agar tidak terjadi kesalahan dalam membaca yang dapat menjerumuskan dalam dosa.
Maka dari itu penting sekali untuk belajar ilmu tajwid sejak usia dini. Mengapa demikian? Karena pendidikan usia dini sebagai titik sentral untuk membangun pondasi dasar kepribadian anak yang diperlukan dalam pendidikannya di masa mendatang. Maka tak heran jika ada pepatah “belajar di masa muda bagai mengukir di atas batu, belajar di masa tua bagai mengukir di atas air”. Menurut 

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) anak usia dini yaitu anak yang berusia 0-8 tahun memiliki perkembangan otak yang sangat pesat dan mampu menyerap segala jenis informasi dari lingkungan dan orang-orang yang berada di sekitarnya. Mengajarkan ilmu tajwid membaca al-Qur’an kepada anak-anak bertujuan untuk meresapkan iman dan meneguhkan akhlak melalui ayat-ayat sucinya. Sehingga keyakinan yang tertanam sejak kecil akan terpatri hingga remaja dan masa dewasanya serta untuk meneguhkan akidah.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan