Mohon tunggu...
ayu wardatasholihat
ayu wardatasholihat Mohon Tunggu... gasgdfhjftgj

asss

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Berita Hoaks tentang Virus Corona

28 Maret 2020   15:28 Diperbarui: 28 Maret 2020   15:33 77 0 0 Mohon Tunggu...

Apakah kalian pernah mendengar kata hoax ? pasti telinga kalian tidak asing mendengar kata hoax. Hoax atau dalam Bahasa Indonesia, hoaks adalah berita bohong atau berita yang tak punya sumber.

Hoax merupakan serangkaian informasi yang dibuat sesat, tetapi dijual sebagai kebenaran. Ada 43.000 situs yang mengklaim sebagai portal berita, tetapi hanya kurang dari 300 situs yang terverifikasi sebagai portal berita resmi.

Sebelum ikut menyebarkan berita, saat ini kita bisa mengecek kebenaran berita lewat pengaduan ke email Kominfo atau Turn Back Hoax. Penyebaran informasi hoax di Indonesia seperti tidak pernah habis.

Entah apa maksud dan tujuannya, yang jelas kebohongan apa pun yang merugikan dan membuat resah jelas tidak dibenarkan. Akan tetapi anehnya, banyak dari masyarakat yang justru menelan berita bohong itu bulat-bulat. Berikut berita hoax yang sedang ramai di perbincangkan mengenai virus corona :

Yang pertama berita hoax tersebut adalah menyemprot kan alkohol ke seluruh tubuh dapat membunuh virus COVID-19. Berita tersebut mengapa hoax? Karena menyemprotkan alkohol ke seluruh tubuh tidak akan membunuh virus, yang telah memasuki tubuh.

Bahkan jika kita menyemprotkan alkohol atau zat-zat semacam itu akan berbahaya bagi pakaian. Maka dari itu kita harus mengetahui baha alkohol dan klorin berfungsi untuk mendisinfeksi bagian permukaan, tetapi perlu digunakan dibawah rekomendasi yang benar.

Yang selanjutnya berita hoax ini menyebutkan bahwa jika kita membilas hidung dengan memakai saline dapat membantu mencegah infeksi. Tetapi nyatanya sejauh ini WHO menyebutkan tidak ada bukti jika kita mencuci hidung menggunakan saline secara teratur dapat melindungi diri kita agar tidak terinfeksi virus corona.

Walaupun sejauh ini ada beberapa yang membuktikan secara terbatas bahwa jika kita mencuci hidung memakai saline secara teratur dapat membantu memulihkan dan menyembuhkan lebih cepat dari sakit flu biasa. Namun, membilas dan mencuci hidung secara teratur belum terbukti mencegah infeksi pernafasan atau virus corona.

Kemudian berita ini banyak tersebar di grup whatsaap. Berita tersebut yaitu menyebutkan bahwa virus corona hanya dapat menyerang orang kanjut usia saja. Padahal kenyataanya tidak berita tersebut salah besar.

Sebab virus corona ini nyatanya dapat menginfeksi semua orang tanpa melihat umur atau tua muda nya. Bahkan, orang yang lebih tua dan orang yang punya penyakit seperti diabetes, asma, dan penyakit jantung lebih rentan menjadikan penyakit tersebut lebih parah saat trinfeksi virus corona baru ini.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x