Mohon tunggu...
Ayunita Purbaningrum
Ayunita Purbaningrum Mohon Tunggu... trial

mahasiswi

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

KKN UNS Era COVID-19 di Malang, Jawa Timur

8 Juli 2020   01:27 Diperbarui: 8 Juli 2020   01:18 63 1 0 Mohon Tunggu...

Malang-Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah kegiatan mahasiswa yang biasanya diadakan pada tahun ketiga perkuliahan dan dijadikan sebagai mata kuliah wajib di beberapa universitas. Salah satu universitas negeri yang menerapkan sistem ini adalah Universitas Sebelas Maret, terletak di Kota Surakarta-Jawa Tengah.

Kegiatan dari program ini adalah dengan dilakukannya pengabdian kepada masyarakat berdasarkan program kerja yang telah dibuat. Lokasi pelaksanaan dan masyarakat sasarannya juga tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Beberapa mahasiswa dikelompokkan menjadi satu dan setiap kelompok dibimbing oleh seorang dosen pembimbing. Durasi kegiatan KKN ini berlangsung rata-rata selama 45 hari.

Tahun 2020 ini, Universitas Sebelas Maret melakukan sebuah inovasi untuk kegiatan KKN agar tetap berlangsung di tengah bencana pandemi COVID-19 yaitu dengan mengadakan kegiatan yang berjudul KKN UNS Era COVID-19. Kegiatan ini tetap berkonsep pada pengabdian masyarakat tetapi dengan memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah NKRI.  Batch pertama KKN UNS Era COVID-19 ini dilakukan pada bulan Mei hingga Juni dengan menerjunkan kurang lebih 40 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan 1000 mahasiswa dari berbagai jurusan di UNS.

Ayunita Purbaningrum (21)-Program Studi Kedokteran 2017, dengan bantuan Dosen Pembimbing Lapangan Dr. Drajat Tri Kartono, M.Si telah melaksanakan program pengabdian masyarakat berjudul KKN UNS Era COVID-19 di daerah Merjosari-Malang, Jawa Timur. Berikut rincian program kerja yang dilakukan:

  • Pendidikan selama COVID-19
    • Kegiatan yang dilakukan berupa pemmbuatan modul materi dan soal-soal mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) untuk kelas 8 SMP. Maksud dari pelaksanaan program kerja ini adalah membantu mempertahankan kualitas dan mutu pembelajaran sistem daring di tengah bencana pandemi COVID-19. Program kerja ini dapat terlaksana dengan baik juga karena hasil kerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Batu-Jawa Timur.
  • Supporting Pemahaman Masyarakat Terhadap Covid-19
    • Pembuatan poster dan video edukasi tentang COVID-19 adalah bukti nyata terlaksananya program kerja yang bertujuan untuk membuat mayarakat semakin paham atas apa yang sedang terjadi di dunia saat ini. Selain itu juga diadakan kegiatan pembagian masker dan hand sanitizer kepada masyarakat sekitar.

Secara keseluruhan kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan mendapat respon positif dari masyarakat.

VIDEO PILIHAN