Mohon tunggu...
Ayu Mellinia
Ayu Mellinia Mohon Tunggu... mahasiswa

masih belajar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN UMY 197 Memberi Pelatihan Keuangan Aplikasi Digital kepada BUMDes Binangun Karangsari

2 Maret 2021   15:13 Diperbarui: 2 Maret 2021   15:29 55 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN UMY 197 Memberi Pelatihan Keuangan Aplikasi Digital kepada BUMDes Binangun Karangsari
Pelatihan Aplikasi Keuangan | dokpri

Universitas Muhammadiyah Yogakarta tetap melaksanakan KKN berbasis IT, kelompok 197 mendapat kesempatan untuk memilih BUMDes Binangun Karangsari, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta untuk menjadi tempat pelaksanaan KKN. Tujuan utama dari program kerja KKN kelompok 197 adalah memberikan pelatihan keuangan melalui aplikasi digital terhadap BUMDes Binangun Karangsari.

Aplikasi yang telah disediakan oleh BUMDes sudah sangat membantu tetapi dari pihak BUMDes masih belum optimal dalam menggunakan aplikasi tersebut. Oleh karena itu kami anggota dari KKN UMY kelompok 197 akan memberikan pelatihan kepada pihak BUMDes agar dapat menggunakan aplikasi dengan mudah dan cepat. Pelatihan penggunakan aplikasi dilakukan pada minggu pertama sampai ketiga. Semua anggota kelompok serta perwakilan dari pihak BUMDes sama-sama belajar bagaimana cara menggunakan aplikasi supaya cepat dan mudah. Dengan penggunaan aplikasi tersebut pihak BUMDes merasa bahwa menggunakan aplikasi digital ternyata dapat memperlancar dalam pengelolaan keuangan BUMDes.

Kegiatan Produksi Produk UMKM | dokpri
Kegiatan Produksi Produk UMKM | dokpri

Selain memberikan pelatihan terhadap pihak BUMDes kelompok KKN UMY 197 juga memberikan pelatihan pada minggu kedua dan keempat terhadap 2 UMKM yang ada di Desa Karangsari. Pertama adalah Studio Jingga Kirana tempat pembuatan kerajinan fiberglass dimana pada saat pandemi seperti ini pendapatan semakin menurun dengan begitu kami memberikan sedikit solusi untuk meningkatkan penjualan di e-commerce. 

Kedua adalah UMKM Desa Prima yaitu produksi makanan ringan atau snack yang biasanya dipasarkan di supermarket atau warung sekitar. Pembuatan logo baru, sticker dan perbaikan kemasan juga menjadi salah satu kegiatan yang diberikan oleh kelompok KKN UMY 197 kepada UMKM Desa Prima yang dikelola oleh ibu Lastri.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x