Mohon tunggu...
Ayuk Mila
Ayuk Mila Mohon Tunggu... Oceanography Student

KKN Tim I Universitas Diponegoro Tahun 2020/2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Immunity Booster: Seafood is a Good Idea

27 Januari 2021   21:26 Diperbarui: 27 Januari 2021   21:28 82 3 0 Mohon Tunggu...

Banyumanik--Semarang (24/01/2021). Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyatakan, program Gemar Makan Ikan (Gemarikan) merupakah salah satu upaya untuk meminimalisir kemungkinan terjangkit penyakit adalah dengan menjaga imunitas tubuh dalam mengatasi dampak pandemic ini.

Fenomena ini menginspirasi mahasiswi KKN Tim I Undip Periode 2021 untuk berupaya membantu pihak terdampak COVID--19 dengan program stimulus seperti Gemarikan (Gerakan Masyarakat Makan Ikan). Program Gemarikan sangat digencarkan karena selain meningkatkan asupan gizi khususnya masyarakat terdampak juga dapat menyokong sekaligus menyerap produk UMKM di sekitar lokasi kegiatan dalam rangka mendukung keberlanjutan usaha di tengah pandemic.

Sementara itu, Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Indonesia (Forikan) Djoko Maryono mengajak masyarakat untuk terus mengonsumsi ikan. Terlebih di masa pandemi, masyarakat disarankan mengonsumsi ikan minimal 300gram ikan dalam sepekan guna meningkatkan imunitas.

dokpri
dokpri
Kenapa harus ikan? Hal itu dikarenakan, ikan adalah protein kualitas tinggi rendah lemak. Ikan kaya akan asam lemak omega-3 dan vitamin seperti vitamin D, A, B1 dan B2 (riboflavin). Ikan kaya akan kalsium dan fosfor serta sumber mineral yang bagus, seperti zat besi, seng, yodium, magnesium, dan kalium. Ikan kaya akan protein (asam amino), vitamin, dan nutrisi yang dapat menurunkan tekanan darah dan membantu mengurangi risiko serangan jantung atau stroke. Dengan banyaknya manfaat, ikan dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh serta menjadi salah satu alternatif dalam upaya mencegah virus COVID-19.

Di tengah pandemi, sosialisasi dan edukasi gerakan untuk mengkonsumsi ikan ini secara online di media sosial seperti Instagram maupun media luar ruang dalam bentuk poster yang di desain semenarik dan sepadat mungkin agar masyarakat mudah memahami dan tertarik untuk membaca serta secara door to door guna menghindari pengumpulan massa dalam penyaluran booklet yang berjudul "Let's Study from Marine: COVID--19 Spread & Prevention" yang dapat diakses pula di bit.ly/EdukasiKelautanKKNTimIUndip2021. Dengan implementasi program tersebut dapat tersampaikan dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

Penulis : Ayuk Milasari

Dosen : Dr. Ir. Yoyok Budi Pramono, S.Pt. M.Si. IPM

VIDEO PILIHAN