Mohon tunggu...
Ayu Fitriyani Sabila Siregar
Ayu Fitriyani Sabila Siregar Mohon Tunggu... Mahasiswa - ︎ ︎ ︎ ︎

︎ ︎ ︎ ︎

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Perjuangan Masuk SMA Negeri

31 Juli 2018   04:59 Diperbarui: 31 Juli 2018   05:09 206
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Assalamualaikum

Tanggal 24 mei 2018 adalah pembagian nem (atau nilai kelulusan). Nem saya tidak jauh dari nem sd. Nem saya waktu sd 23,30 dan smp 23,30. 

Itu rasanya antara sedih dan senang gimana gitu. Senangnya lebih tinggi walaupun cuma naik 10 target saya 27 tetapi ayah saya target 30. Semua itu jauh dari target. 

Bayangin 23 ke 27/30 sangat jauh banget. Awalnya kalau nem segitu saya mau nonton konser korea. Nama boybandnya WANNA ONE. Kontrak Cuma 1 tahun terakhir desember, jadi berharap bisa nonton tetapi harapan itu gelap. Sedih gak sih? Sudah nem kecil+hadiah gak jadi+bingung nem segitu mau masuk mana. 

Awalnya milih DKI karena rata-rata kecil bisa masuk. Harapan mama masuk sma 113 jakarta timur karena searah jalan kesekolah ade+lumayan deket dari rumah. Sebenarnya sma 48 lebih deket dari rumah tapi nem segitu musthil masuk. Situasi saat itu bener-bener. Bingung antara yakin dapet negeri atau swasta. 

Ayah yakin ke swasta karena nemnya jelek sedangkan saya dan mama yakin ke negeri. Kalau ditanya jelek gaknya bisa dipikir. Harapan sma negeri 113 gelap karena nem segitu gak lolos ke jurusan ips/bahasa Indonesia. 

Sekarang daftar online dibalik. Jadi lokal setelah itu umum. Lokal sebenernya bisa masuk tapi terlalu jauh. Sekolahnya deket kantor ayah. Jadi kalau kesekolah bisa jadi berangkat jam 5 atau set 5 pagi. Bayangin gak sih betapa jauhnya? 

Menurut bapak saya terlalu jauh jadi gak dimasukkin. Jujur aja sih saya enggak terlalu memperhatikan masuk mana aja. 

Jadi ketika UN itu urusan saya maka saya harus focus kesitu. Ketika nem keluar itu sudah urursan orang tua saya. Jadi saya kurang tau banget. Tapi saya berusaha ingin tau dan mengingat-ingat apa saja yang sudag saya lewati. Kartu keluarga saya jakarta utara, tetapi saya tinggal dibekasi. 

Sebenernya kata ayah saya kalau gak lolos di DKI lari aja ke Bekasi. Jujur banget nih sebenarnya dari hati yang dalam males banget balik ke bekasi karena bahasa sunda.

 Tapi saya berpikir lagi kalau masuk swasta saying banget sekolah dari sd, smp negeri, masa sma swasta kayanya aneh banget gitu loh. Tampilan pertama milihnya sekolah yang ditengah-tengah kota jangan dipinggiran karena Bekasi atau DKI lari kesana semua. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun