Mohon tunggu...
Ayub Simanjuntak
Ayub Simanjuntak Mohon Tunggu... The truth will set you free

Write what I feel

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Daud Sang Raja dan Kisah Paling Kontroversial!

19 April 2021   21:59 Diperbarui: 19 April 2021   22:34 97 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Daud Sang Raja dan Kisah Paling Kontroversial!
depositphotos.com

Daud Bin Isai Raja kedua sekaligus paling terkenal dari Kerajaan Israel merupakan kombinasi yang unik antara hero dan anti hero. Dia dipuja sepanjang zaman karena berhasil mempersatukan suku-suku Israel dan membentuk pemerintahan monarki yang kuat dan disegani sekaligus akan tetap dikenang sebagai raja yang kejam karena tega menghilangkan nyawa Uria orang Het untuk mengambil Batsyeba istrinya.

Kitab orang Yahudi yang mencatat kisah Daud antara lain 1 dan 2 Samuel, 1 Raja-Raja dan 1 Tawarikh dan dari sumber inilah kita mendapat banyak informasi tentang sepak terjang Daud sejak ia sangat muda sampai pada kematiannya.

Kisah petualangan Daud dimulai ketika Raja pertama Israel yang bernama Saul ditolak oleh Tuhan karena dosanya yang tidak melakukan perintah Tuhan untuk menumpas orang Amalek musuh bebuyutan bangsa Israel.

Berfirmanlah TUHAN kepada Samuel: "Berapa lama lagi engkau berdukacita karena Saul? Bukankah ia telah Ku tolak sebagai raja atas Israel? Isilah tabung tandukmu dengan minyak dan pergilah. Aku mengutus engkau kepada Isai, orang Betlehem itu, sebab di antara anak-anaknya telah Kupilih seorang raja bagi-Ku." (1 Samuel 16:1)

Kehadiran Nabi Samuel untuk mencari dan mengurapi satu dari delapan anak Isai hampir gagal karena tidak satupun dari mereka yang dipilih Tuhan. Isai sengaja tidak memanggil Daud pada upacara penting tersebut karena mengangap Daud tidak akan msuk dlam kandidat calon raja sebab Daud dinilai paling muda dan hanya seorang gembala. Tetapi kenyataan nya Daudlah yang ternyata dipilih oleh Tuhan.

Tetapi Daud tidak langsung menjadi raja sebab ia harus menunggu sekitar 15 tahun untuk benar-benar menjadi Raja. Dia memerintah di Yehuda selama 8 tahun dan atas Israel selama 32 tahun jadi total ia memerintah selama 40 tahun.

Daud merupakan kombinasi sempurna seorang prajurit handal, nabi, raja dan juga penulis serta pengarang lagu yang handal. Karya-karya gubahan yang maha indah tentang hubungannya dengan Tuhan tercatat dalam kitab mazmur.

Kisah paling kontroversial Daud yang tercatat dalam alkitab adalah ketika ia secara keji mengatur siasat untuk membunuh Uria demi istrinya Batsyeba.

Bagi banyak orang Nabi adalah seseorang yang suci dan tingkah lakunya harus di tiru dan diteladani serta tidak mungkin melakukan hal yang jahat semacam itu. Lalu mengapa Alkitab mencatatnya secara gamblang? Mengapa Alkitab menulis hal-hal yang "vulgar" seperti ini? Tidak jarang banyak keberatan dari pihak lain yang juga menganggap Daud sebagai tokoh suci. Hal ini wajar sebab Daud tercatat dan diakui oleh tiga agama dunia Yudaisme, Kristen dan Islam.

ALKITAB ADALAH BUKU YANG MENCATAT HAL BAIK SEKALIGUS JUGA HAL BURUK YANG DIALAMI OLEH TOKOH-TOKOH DIDALAMNYA. ALKITAB TIDAK HENDAK MENYEMBUNYIKAN CACAT KARAKTER ATAU KELEMAHAN SESEORANG YANG BAHKAN DIHORMATI KARENA MANUSIA PADA HAKIKATNYA PENUH DENGAN KEKHILAFAN DAN KELEMAHAN BAHKAN SEORANG YANG DIANGGAP HEROIK SEPERTI DAUD PUN TERNYATA TIDAK LUPUT DARI KESALAHAN.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x