Mohon tunggu...
Ayu Martaning Yogi A
Ayu Martaning Yogi A Mohon Tunggu... Lainnya - Just ordinary girl

Menyukai Dunia Literasi, Tertarik pada Topik Ekonomi, Sosial, Budaya, serta Pengembangan Diri

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

KAI Commuter Tuntaskan Rinduku pada Yogyakarta

4 September 2023   23:29 Diperbarui: 4 September 2023   23:36 116
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Suasana Menunggu KAI Commuter, Sumber: Dokumen Pribadi

Konon katanya Yogyakarta itu terbuat dari rindu pulang dan angkringan. Kurang lebih itulah kata-kata yang tertulis di sekitar kawasan Malioboro. Yogyakarta memang memiliki kesan dan kenangan tersendiri bagi siapa saja yang pernah singgah atau menetap disana. Begitu pula bagiku yang pernah beberapa tahun menempuh studi di kota gudeg itu, sesekali terbersit rasa rindu untuk bernostalgia di Yogyakarta.

Bertempat tinggal di Kabupaten Grobogan membuatku sulit untuk sering berkunjung ke Yogyakarta. Hal itu karena tidak ada transportasi umum yang langsung menuju Yogyakarta. Bila jalanan sedang lancar untuk dilalui, butuh waktu sekitar 4 jam untuk merengkuh Yogyakarta menggunakan kendaraan pribadi. Oleh karena itu, aku benar-benar memanfaatkan kesempatan bila akhirnya ada waktu untuk singgah di Yogyakarta.

Pada Jumat 1 September 2023, terdapat agenda yang mengharuskanku ke Kota Solo. Rasanya sayang kalau sudah sampai di Solo tapi tidak menyempatkan diri ke Yogyakarta. Akhirnya aku memutuskan untuk menginap di Solo, lalu keesokan paginya berangkat menuju Yogyakarta. Aku memutuskan untuk menggunakan KAI Commuter demi menuntaskan rinduku akan kota gudeg itu. Selain karena ketepatan waktunya, tiket KAI Commuter cukup murah dan mudah didapatkannya. Perjalanan menuntaskan rasa rinduku pada Yogyakarta pun dimulai 2 September 2023.

Transportasi Andalan Solo-Yogyakarta

Beberapa tahun lalu, KA Prambanan Ekspres (Prameks) adalah transportasi andalan dari Solo ke Yogyakarta maupun sebaliknya. KA Prameks jalur Solo-Yogyakarta telah resmi berhenti beroperasi pada 9 Februari 2021, fungsinya kini digantikan oleh KAI Commuter. Sama seperti Prameks, KAI Commuter kini menjadi berganti menjadi andalan.

Bukti bahwa KAI Commuter menjadi andalan adalah padatnya penumpang di setiap perjalannya. Seperti pengalamanku pada 2 September 2023 lalu saat menaiki KAI Commuter, penumpang sudah berjejal berdesak-desakan bahkan sejak sebelum gerbong kereta menampakkan dirinya. Saat kereta datang, penumpang berhamburan masuk tepat saat pintu-pintu kereta terbuka. Aku yang kalah cepat dengan penumpang lainnya harus rela berdiri sepanjang perjalanan.

Berdiri sepanjang perjalanan Solo-Yogyakarta bukan masalah besar, banyak sekali penumpang yang bernasib sama denganku. Meskipun berdiri dan berdesakan, aku sama sekali tidak merasa sumpek atau kepanasan. Pendingin ruangan yang digunakan sangat mumpuni untuk memberi kenyamanan bagi seluruh penumpang.

Suasana Berdesakan dalam KAI Commuter, Sumber Gambar: Dokumen Pribadi
Suasana Berdesakan dalam KAI Commuter, Sumber Gambar: Dokumen Pribadi

Ramainya minat penumpang KAI Commuter juga dikarenakan harga tiketnya yang murah. Setiap penumpang hanya dikenakan sebesar Rp8.000,00 sekali jalan. Harga yang sangat murah dan terjangkau bila kita merasakan kenyamanan fasilitasnya. Kenyamanan dan kebersihan dalam gerbongnya tampak selalu terjaga.

Hal lain yang menarik perhatian perhatianku saat menaiki KAI Commuter Solo-Yogyakarta adalah suara pengumuman yang beberapa kali terdengar. Aku sempat mengira bahwa itu adalah pengumuman sebagai pertanda bahwa kereta akan tiba di sebuah stasiun. Setelah aku memperhatikan dengan saksama, pengumuman itu berupa himbauan. Para penumpang dihimbau untuk selalu berhati-hati dan segera melaporkan bila mencurigai tanda-tanda kejahatan atau pelecehan seksual dalam kereta.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun