Mohon tunggu...
Ayu Martaning Yogi A
Ayu Martaning Yogi A Mohon Tunggu... Just ordinary girl

Mahasiswi Pascasarjana UGM, Penggiat Literasi, Tertarik pada Topik Ekonomi, Sosial, Budaya.

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Susu Kok Digoreng? Rekomendasi Menu Berbuka Puasa yang Tak Biasa

26 April 2021   23:14 Diperbarui: 26 April 2021   23:46 315 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Susu Kok Digoreng? Rekomendasi Menu Berbuka Puasa yang Tak Biasa
Sumber Gambar: Kombinasi dari popmama.com dan my-best.id

Suasana Ramadan ini masih sama dengan Ramadan tahun lalu. Kita masih dihimbau untuk berada di rumah sekiranya tidak ada keperluan. Lebih banyaknya waktu di rumah dapat kita manfaatkan untuk mencoba kegiatan baru, hobi baru, atau eksperimen masakan baru.

Berbicara tentang eksperimen masakan, situs Youtube dapat digunakan sebagai referensi. Menu dengan bahan mudah, murah, dan pastinya juga unik sudah tentu menjadi incaran. Tak hanya unik, terlihat enak itu juga penting.

Beberapa saat setelah scroll video di Youtube, bertemulah dengan channel yang membagikan video tentang cara membuat "Susu Goreng." Awalnya merasa itu aneh, timbul pertanyaan "apakah benar bisa susu digoreng?" atau mungkin memang saya yang baru tahu jenis makanan ini.

Setelah menyaksikan video dari Channel Resep Kekinian, ternyata benar bahan utamanya memang berasal dari susu. Butuh beberapa bahan untuk membuatnya. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain, susu bubuk sachet, tepung maizena, tepung terigu, tepung roti, gula, dan air untuk melarutkan. Jangan lupa siapkan pula minyak goreng untuk menggoreng pada langkah terakhir.

Cara membuatnya pun cukup mudah. Pertama-tama kita siapkan wadah yang berisi sekitar 250 ml air. Selanjutnya masukkan susu bubuk sachet sebanyak 3-4 sachet ke dalam air. Aduk-aduk hingga susu bubuk dan air menyatu. Setelah itu, masukkan tepung maizena sebanyak 3-5 sendok makan, atau sesuaikan dengan kebutuhan. Kembali aduk-aduk dan campurkan gula pasir kurang lebih 2 sendok.

Bahan-bahan telah tercampur. Langkah selanjutnya adalah memanaskan bahan-bahan tadi, kemudian diaduk-aduk hingga mengental. Setelah terlihat mulai mengental, siapkan wadah yang sudah diberi alas plastik. Matikan kompor, lalu masukkan bahan-bahan yang sudah mengental tadi ke dalam wadah tersebut. Dinginkan dan tunggu hingga mengeyal dan bisa diiris-iris.

Sumber Gambar: Screen Capture Channel Youtube Resep Kekinian 
Sumber Gambar: Screen Capture Channel Youtube Resep Kekinian 

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan tepung terigu, lalu diberi sedikit air. Tepung terigu ini nanti untuk bahan perekat agar bisa lengket saat irisan-irisan bahan dibalur dengan tepung roti. Setelah larutan tepung terigu siap, maka siapkan pula tepung roti kering. Masukkan bahan yang telah diiris-iris tadi ke dalam larutan tepung terigu, lalu baluri dengan tepung roti yang telah disiapkan.

Setelah semua terbaluri tepung roti, siapkan minyak dan penggorengan. Masukkan satu per satu irisan yang sudah terbaluri tepung ke dalam minyak yang telah panas, goreng sampai berwarna kuning keemasan. Tiriskan dan tunggu waktu berbuka puasa tiba untuk menikmatinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN