Mohon tunggu...
Ayu Amelia
Ayu Amelia Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

MTs. Masalikil Huda Tingkatkan Prestasi Non Akademik

3 April 2019   10:50 Diperbarui: 3 April 2019   10:58 0 0 0 Mohon Tunggu...
MTs. Masalikil Huda Tingkatkan Prestasi Non Akademik
Mts. Masalikil Huda Tahunan

MTs Masalikil Huda yang beralamat di jalan Soekarno Hatta KM. 05 Tahunan, tepatnya berada di gang Masalikil RT 05 RW 03 Tahunan Jepara. MTs Masalikil Huda merupakan sebuah sekolah yang masih berkembang yang didirikan pada tanggal 8 Maret 1962 sekitar 57 tahun lalu oleh Jam'iyah NU yang semula bernama Madrasah Mualimin/Mualimat Masalikil Huda dibawah naungan Yayasan Masalikil Huda tak hanya MTs saja tetapi yayasan ini juga menangungi MI (Madrasah Ibtidaiyah), MA (Madrasah Aliyah), TK dan Paud dengan nama yang sama Masalikil Huda tetapi berada di lokasi yang berbeda dari MTs Masalikil Huda Tahunan.

MTs Masalikil Huda memiliki visi untuk mencetak sumber daya manusia yang beriman, bertaqwa dan berakhlakul karimah, serta dapat mengembangkan akal, ati, dan asta. 

Bapak Ruswanto selaku kepala Madrasah Tsanawiyah dan semua staff mengajar yang berjumlah kurang lebih 25 orang bekerja keras untuk mewujudkan visi serta misi sebagaimana mimpi dari MTs Masalikil Huda.

Jumlah dari siswa-siswi pada tahun 2019 sebanyak 385 siswa dan terbagi menjadi 12 kelas mulai kelas VII sampai kelas IX meskipun sekolah ini masih ikut satu gedung dengan Madrasah Ibtidaiyah Masalikil Huda tetapi untuk fasilitasnya cukup memadai, mulai dari ruang kelas A sampai D, Ruang Guru, Kantor, Laboratorium Bahasa, Laboratorium Komputer, Laboratorium IPA, Laboratorium Multimedia, Perpustakaan, Lapangan, Wifi, Mushola, dan Koprasi Guru dan Siswa "Mashud". 

Selain fasilitas sekolah juga memiliki kegiatan ekstrakulikuler yang diantaranya Marching Band "Gita Tsanta", Pramuka, Palang Merah Remaja, Pencak Silat "Pagar Nusa", Kelompok Seni Rebana "Al Masalik", Futsal, Sepak Bola, Bola Voly, Bulu Tangkis, Tenis Meja, BTA (Baca Tulis Al-Qur'an), Qiro'ah, Tahfidz Al-Qur'an, dan English Club.

Dari semua kegiatan ekstrakulikuler di MTs Masalikil Huda menjadi tonggak untuk menorehkan prestasi khususnya dalam bidang non akademik yakni seni dan olahraga, meski minim dalam bidang akademik tetapi MTs Masalikil Huda berusaha keras untuk kedepannya menjadi lebih baik lagi. 

Bahkan pada tanggal 28 Maret 2019 kemarin MTs Masalikil Huda mengadakan lomba ditingkat SD dan MI se-Kabupaten Jepara yang bertujuan untuk mempromosikan sekolah agar pada tahun ajaran baru nantinya dapat memenuhi taget siswa yang bersekolah di MTs Masalikil Huda, "Metode ini atau trik ini sangat tepat diadakan dari tahun-ketahun agar tetap konsisten dari jumlah murid" ujar kepala sekolah.

Tidak hanya itu siswa-siswi juga bekerja keras meningkatkan dan menambah prestasinya dengan mengikuti kegiatan Porsema di tingkat provinsi Jawa Tengah. (Ayu,Risa/KPI UNISNU)