Mohon tunggu...
Ayu Aprilia
Ayu Aprilia Mohon Tunggu... Welcome to my world.

Turned my dreams into my vision and my vision into my reality.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Intip Cara Menentukan Format Berita TV

18 Oktober 2020   17:48 Diperbarui: 18 Oktober 2020   17:50 23 0 0 Mohon Tunggu...

Format acara televisi merupakan sebuah perencanaan dasar dari suatu konsep acara televisi yang akan menjadi landasan kreativitas dan desain produksi yang akan terbagi dalam berbagai kriteria utama yang disesuaikan dengan tujuan dan target pemirsa acara tersebut. (Naratama :2004)

     Maka dari itu harusnya tayangan televisi digarap berdasarkan format yang telah disepakati bersama oleh berbagai pihak agar tidak terjadi kesalahpahaman atau keraguan pada tayangan yang akan ditayangkan. 


Suatu berita dapat disajikan dalam beberapa bentuk, yaitu :

 

Reader adalah format berita singkat yang disampaikan presenter tanpa didukung gambar (video). Biasanya format digunakan untuk melaporkan peristiwa penting dan mendadak yang belum ada videonya.

Voice Over (VO) adalah berita dengan video yang keseluruhan narasinya mulai dari intro hingga kalimat terakhir dibacakan oleh presenter.

Voice Over SOT berita ini merupakan gabungan antara format VO dan SOT yang mana VO mengenai peristiwa atau isu yang relevan atau ada kaitannya dengan apa yang diungkapkan dalam SOT.

Paket (package) adalah format berita yang bersifat komperhensif. Intro dibacakan presenter, sedangkan naskah paket dibacakan atau dinarasikan sendiri oleh reporter atau pengisi suara (dubber).

Breaking News dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai berita sela.

breaking news alias berita sela biasanya mengacu pada kabar terkini yang dianggap sangat penting sehingga dapat tersiar ke salah satu atau beberapa stasiun televisi secara tiba-tiba dan langsung tanpa menghiraukan acara lain yang seharusnya tayang di waktu tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x