Mohon tunggu...
ayu susanti
ayu susanti Mohon Tunggu... Freelancer - freelancer

just share my thought

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Untuk Anda yang Pernah Gagal

2 Desember 2022   20:40 Diperbarui: 2 Desember 2022   20:39 122
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Untuk Anda Yang Pernah Gagal

Kegagalan bukanlah kekalahan. Ini adalah kemunduran sementara, kesempatan belajar, rintangan untuk diatasi. Tidak ada yang bisa menghindari kegagalan itu adalah bagian yang melekat dalam kehidupan. Jika Anda gagal berarti Anda sedang mencoba, jika Anda berani mencoba, maka itu berarti Anda peduli dengan apa yang Anda lakukan. Kegagalan mengingatkan kita seberapa besar kepedulian kita terhadap sesuatu dan juga mendorong kita untuk terus mencoba sampai kita berhasil mencapai tujuan kita yang berarti kita dapat belajar dari setiap kegagalan.

Jika Anda gagal, Anda sedang mencoba.

Penting untuk memahami bahwa kegagalan adalah bagian dari kehidupan. Kita tidak bisa menang jika kita tidak bermain, dan kadang-kadang kita bahkan mungkin kehilangan lebih dari yang nyaman. Tetapi orang-orang paling sukses di dunia ini akan memberi tahu Anda bahwa kegagalan telah memberi mereka lebih banyak kebaikan daripada kerugian. Mereka tahu bahwa mencoba lagi dan lagi sampai mereka berhasil lebih baik daripada menyerah setelah gagal sekali atau dua kali. Kegagalan bukanlah akhir dari dunia  itu hanya penghalang antara Anda dan tempat yang Anda inginkan.

Kegagalan mengingatkan Anda betapa Anda peduli.

Kegagalan mengingatkan Anda betapa Anda peduli. Kegagalan adalah bagian dari kehidupan, dan itu adalah satu-satunya cara untuk mengetahui apa batasan Anda. Jika Anda tidak cukup peduli tentang sesuatu untuk dicoba, maka tidak masalah jika Anda berhasil atau gagal karena bagaimanapun juga hal itu tidak pernah penting bagi Anda sejak awal. Tetapi jika sesuatu cukup penting untuk dicoba, maka kegagalan akan mengajarkan Anda hal-hal tentang diri Anda dan orang lain yang tidak akan pernah bisa dipelajari sebaliknya. Kegagalan mengajarkan kita seberapa besar kepedulian kita terhadap sesuatu dan membuat kita menyadari di mana batas-batas kita dan seringkali batas-batas itu tidak sejauh yang terlihat.

Tidak apa-apa untuk merasa sedih.

Tidak apa-apa untuk merasa sedih. Anda tidak sendirian, dan Anda bisa melewati ini. Tidak akan selalu seburuk ini, dan Anda akan baik-baik saja dalam jangka panjang. Kita semua pasti pernah  mengalami saat-saat di mana kita merasa seperti orang yang gagal total. Dunia telah mengatakan kepada Anda bahwa Anda tidak berharga sepanjang hidup Anda  jadi bisa dimengerti jika Anda mulai mempercayai hal-hal yang mereka katakan tentang Anda. Pada titik tertentu, Anda bahkan mungkin pernah melihat orang lain yang berhasil dan berpikir sesuatu di sepanjang garis "Saya tidak sebaik mereka."

Setiap kegagalan berarti sesuatu yang berbeda.

Setiap kegagalan memiliki arti yang berbeda. Kegagalan bisa menjadi akhir dari dunia, dan itu bisa terasa seperti kemunduran dalam hidup Anda. Tapi sebenarnya tidak. Setiap kegagalan adalah kesempatan untuk mempelajari sesuatu yang baru dan tumbuh sebagai pribadi. Jangan biarkan kegagalan mendefinisikan Anda, biarkan kegagalan itu membuat Anda lebih kuat, lebih cerdas, dan lebih bertekad dari sebelumnya. Kegagalan mutlak diperlukan untuk sukses tanpa kegagalan tidak akan ada kesuksesan sama sekali.

Kegagalan terjadi ketika kita mencoba hal-hal yang berada di luar zona nyaman kita atau belum tahu apa yang kita lakukan (ini disebut "buruk dalam sesuatu"). Tapi inilah alasan mengapa kita harus suka gagal karena setiap kali kita gagal dalam sesuatu, kita semakin dekat untuk melakukan yang lebih baik di lain waktu.

Tidak apa-apa untuk tidak merasa baik-baik saja.

Tidak perlu malu untuk merasa sedih, marah, bingung, dan tersesat. Bahkan, itu normal. Label "kegagalan" tidak dimaksudkan untuk menjadi permanen. Anda diperbolehkan untuk menemukan diri Anda dalam kegagalan di beberapa titik dalam hidup Anda. Tidak apa-apa untuk tidak merasa baik-baik saja, segala sesuatunya akan menjadi lebih baik seiring berjalannya waktu.

Anda memiliki pilihan untuk dibuat.

Anda memiliki pilihan untuk dibuat. Anda bisa memilih untuk menyerah dan membiarkan self-talk negatif Anda menang, atau Anda bisa memilih untuk terus maju dan mencoba lagi. Anda memiliki pilihan untuk menjadi positif dan bahagia. Anda memiliki pilihan untuk tidak membiarkan kegagalan Anda mendefinisikan Anda, tetapi sebaliknya menggunakannya sebagai kesempatan untuk tumbuh dan belajar. Anda hanya perlu percaya pada diri sendiri, bahkan ketika Anda merasa tidak menyukainya. Hanya karena Anda tidak mencapai apa yang Anda inginkan saat ini, bukan berarti Anda harus menyerah untuk mencapai impian Anda sama sekali. Akan selalu ada kesempatan bagi kita untuk kembali dan mencoba lagi. Masa lalu kita tidak mendefinisikan siapa kita hari ini.

Siapa pun yang sampai ke puncak melakukannya tanpa bantuan orang lain.

Jika Anda gagal dalam suatu hal, itu tidak berarti Anda gagal. Itu hanya berarti bahwa pada saat ini, Anda belajar sesuatu yang baru tentang diri Anda sendiri dan itu hal yang baik. Jika orang lain telah mencapai puncak tanpa bantuan Anda, ingatlah Orang itu memulai persis di mana Anda berada. Mereka pernah berada di posisi Anda. Hanya karena mereka sampai di sana lebih dulu, bukan berarti mereka tidak menghadapi tantangan di sepanjang jalan atau harus bekerja keras untuk itu sendiri. Setiap orang menghadapi tantangan dalam perjalanan mereka, mereka yang berhasil melakukannya karena mereka belajar dari tantangan itu dan bertahan melaluinya sampai mereka mencapai tujuan mereka.

Setiap orang yang mencoba adalah pemenang! Satu-satunya perbedaan antara pemenang dan pecundang adalah berapa lama masing-masing dapat terus berjalan ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai rencana atau seberapa cepat mereka bangkit kembali setelah jatuh (dan kemudian terus berjalan). Anda selalu bisa mencoba lagi perjalanan itu sendiri menyenangkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun