Mohon tunggu...
Ayra Amirah
Ayra Amirah Mohon Tunggu... Seorang istri, seorang ibu

Menyukai fotografi, sedang belajar moto. Hobi menulis. Merasa lebih bahagia, setelah bertemu Kompasiana. IG @ika_ayraamirah Twitter @AmirahAyra FL @Ika (Ayra Amirah)

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Menu Buka Puasa, Mengikut Selera Anak-anak

26 April 2021   06:12 Diperbarui: 26 April 2021   07:16 465 13 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menu Buka Puasa, Mengikut Selera Anak-anak
Lumpia isi sayur (dokpri)

Menyajikan menu sahur serta berbuka, tidak boleh itu-itu saja. Keluarga bisa bosan dan tidak semangat menjalani ibadah. Seorang ibu selaku juru masak, kudu pintar-pintar mensiasati keadaan.

Apalagi anak-anak, sekalipun saat ditanya, "ingin dimasakin apa Nak?" Jawabnya, "apa aja, terserah Ibu..." Nyatanya, mereka tidak akan memakan apa yang tidak mereka sukai.

Seingat saya, anak-anak menyukai jeli, kolak pisang, gorengan dan kripik. Untuk buah-buahan mereka suka pisang ambon, nenas, jeruk dan salak. Untuk sayuran, mereka suka sop sayuran dan tumis sawi. 

Untuk lauknya, anak-anak suka ayam bakar atau goreng, sementara saya ikan pepes. Hmm, menu-menu inilah yang mengisi ramadhan kami sekeluarga.

Kripik singkong dan creeps kemasan (dokpri)
Kripik singkong dan creeps kemasan (dokpri)

Orang kita, umumnya suka ngemil sambil nonton tv atau membaca. Penjual kripik juga mudah ditemukan di pinggir-pinggir jalan dengan gerobaknya. Harganya murah meriah. Biasanya saya membeli dua rasa: original dan rasa Balado masing-masing lima ribu rupiah. 

Saat ramadhan, kripik singkong dinikmati sesudah sholat tarawih sembari menyaksikan serial Sopo Jarwo. Sedangkan Lumpia goreng isi wortel, dipilih sebagai menu berbuka puasa bersama teh hangat.

Biskuit isian selei plus milo hangat (dokpri)
Biskuit isian selei plus milo hangat (dokpri)
Anak-anak tetap ngemil di bulan ramadhan. Hanya saja waktunya saat berbuka puasa. Selain kripik, mereka memilih jenis biskuit seperti ini dengan tambahan segelas milo hangat. Daripada berbuka dengan es yang dingin, saya lebih menganjurkan mereka minum yang hangat agar nyaman di perut.

Sop sayuran dengan ceker plus empal udang (dokpri)
Sop sayuran dengan ceker plus empal udang (dokpri)
Sop sayuran dengan tambahan ceker, favorit di keluarga kami. Selain gurih, sangat nikmat dinikmati selagi hangat sebagai menu sahur ditambah taburan daun sop yang dipetik dari tanaman sendiri. Hehe...

Tumis Sawi dan udang (dokpri)
Tumis Sawi dan udang (dokpri)
Penting untuk menyeling menu makan berat sesudah magrib dengan sayuran hijau seoerti Sawi. Keseimbangan gizi harus dijaga untuk sumber energi sekaligus menjaga berat badan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x