Mohon tunggu...
Ika Ayra
Ika Ayra Mohon Tunggu... Penulis - Penulis cerpen

Antologi cerpen: A Book with Hundred Colors of Story (jilid 1) dan Sewindu dalam Kota Cerita

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Tumis Daun Singkong, Resep Rumahan yang Banyak Manfaatnya

29 Maret 2021   08:55 Diperbarui: 29 Maret 2021   09:01 1076
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tumis daun singkong (foto dokpri)

Sudah pernah menikmati tumis daun singkong yang lezat? Saya sering. 

Maklum, semasa saya kecil, bapak mengerjakan kebun yang sebenarnya tidak terlalu luas. Sekitar dua kapling. 

Tanaman yang bapak pilih, berganti-ganti. Mulanya jagung manis. Lalu setelah panen, berganti kedelai. Lalu berganti cabe. Diselingi beberapa pohon pepaya yang buahnya jumbo dan merah. Manis sekali. 

Ada pula beberapa pohon nanas, kami menyebutnya nanas Bogor. Ukurannya jumbo dan manis. 

Nah, bagian batas tanah, oleh bapak, dipagari batang-batang pohon singkong yang kemudian tumbuh pucuk-pucuk mudanya. Dari sinilah, saya mengenal sayur daun singkong. 

Saat itu sih, bapak cuma merebusnya sebentar dengan tambahan sedikit garam. Lalu membuat sambal yang menggunakan terasi Banjar. Hmm, wanginya sangat sedap. Dimakan dengan nasi putih dan lauk ikan asin. Menu seperti ini, di kampung rasanya nikmat sekali.

Ternyata, daun singkong tidak hanya bisa dilalap seperti tersebut. Ibu juga mengajari saya membuat sayur santan daun singkong. 

Saat itu saya masih kelas empat sekolah Dasar, tapi saya sudah lancar sekali. Maksudnya, setelah diajarin ibu. Maklum, ibu bekerja di pabrik kayu lapis (khas Kalimantan) dan tidak bisa memasak setiap hari untuk kami. 

Jam enam pagi, ibu sudah meninggalkan rumah. Hanya pada saat mendapat giliran siff malam, barulah ibu bisa memasak seperti ibu-ibu teman-teman saya. Barulah saya merasa mempunyai ibu, saat itu. Rasanya rindu sekali.

Foto kolase daun singkong (dokpri)
Foto kolase daun singkong (dokpri)
Tentang daun singkong, selain rasanya yang enak dan kenangan di masa kecil, saya juga menyukainya karena manfaatnya.

Manfaat daun singkong yaitu: 

- mencegah anemia pada ibu hamil dan ibu menyusui, karena kaya akan zat besi
- meningkatkan imun tubuh, karena mengandung vitamin C dan asam folat
- mengatasi stroke, karena mengandung isoflavon
- meredakan nyeri rematik, dengan dicampur air jahe dan sereh
- mengatasi pandangan mata kabur
- mengatasi diare, demam dan sakit kepala
- mengatasi masalah cacingan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun