Mohon tunggu...
Ayleen Huang
Ayleen Huang Mohon Tunggu... Student

Mahasiswa Kedokteran UI

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Esai Isu Kedokteran Stem Cells

19 Agustus 2019   20:11 Diperbarui: 19 Agustus 2019   21:16 0 0 0 Mohon Tunggu...

ISU KEDOKTERAN

Oleh Ayleen Huang

Stem cells atau biasa disebut sel punca adalah sel-sel yang memiliki potensi untuk berkembang menjadi berbagai macam tipe sel-sel di dalam tubuh. Mereka berperan sebagai sistem reparasi atau perbaikan bagi tubuh. 

Terdapat dua macam sel punca : sel punca embrionik (terdapat pada sel-sel embrio) dan sel punca dewasa (terdapat dalam tempat-tempat tertentu seperti sumsum tulang orang dewasa). 

Stem cells berbeda dengan jenis-jenis sel lain dalam tiga faktor : mereka dapat membelah diri dan memperbarui diri dalam kurun waktu yang panjang, mereka tidak terspesialisasi untuk melakukan fungsi-fungsi tertentu di dalam tubuh, dan mereka memiliki potensi untuk menjadi sel-sel yang terdiferensiasi (contohnya sel otot, sel darah dan sel otak).(1)

Sel-sel ini dikenal sebagai sel yang multipoten yang terdapat di dalam sumsum tulang orang dewasa dan dapat membelah diri dalam keadaan tidak terdiferensiasi. Selanjutnya, mereka dapat terdiferensiasi menjadi jaringan-jaringan mesenkim (jaringan ikat embrio yang akan berkembang menjadi jaringan ikat dewasa, pembuluh darah, limfe, beserta otot polos).(2) (3)

Berbeda dengan sel punca somatik dewasa, sel punca embrionik didapat dari sel-sel embrio yang masih dalam masa perkembangan memiliki sifat pluripoten, bukan multipoten. Apa bedanya? Sifat pluripoten berarti mereka dapat menghasilkan semua macam sel tubuh, namun tidak dapat menghasilkan struktur pendukung seperti tali pusat dan plasenta. 

Sedangkan sel-sel punca dewasa memiliki sifat multipoten, yaitu dapat menghasilkan beberapa jenis tipe sel dalam jaringan atau organ yang spesifik. Oleh karena itu, sel punca embrionik biasa dapat lebih dikembangkan dalam lingkup yang lebih luas dan biasa digunakan dalam penelitian.(4)

Meskipun memiliki potensi yang tidak terhingga, apakah kemampuan stem cells untuk dapat berdiferensiasi menjadi berbagai macam jaringan itu sebuah data yang akurat? Beberapa pihak berpendapat bahwa sel punca somatik dewasa tidak memiliki totipotensi yang sedemikian fleksibel. 

Memang sampai sekarang, para ilmuwan belum menemukan cara untuk memanfaatkan kemampuan sel punca itu secara optimal. Hal ini disebabkan karena potensi dari sel punca ini terlalu dilebih-lebihkan. 

Sel punca memang memiliki potensi untuk menjadi solusi berbagai penyakit, namun, pada saat yang sama, memiliki banyak keterbatasan dan limitasi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x