Mohon tunggu...
Ayda Idaa
Ayda Idaa Mohon Tunggu... wiraswasta -

Pembelajar yang tidak ada hentinya. Singkatnya, I am absolutely just a lady. Salam rahayu. www.aydaidaa.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Filosofi Yin dan Yang (Ajaran Taoisme) yang Berumur Ribuan Tahun

4 Januari 2013   17:31 Diperbarui: 24 Juni 2015   18:30 11277 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

黑色和白色并排和补充平衡圈对方。(baca: Heīsè hé báisè bìngái hé buchõng pinghéng quãn duìfãng).

Tadinya kalimat ini aku temukan dimeja komputer bosku lalu aku bertanya dan dia menjawab artinya Hitam dan putih yang berdampingan dan saling mengisi di dalam lingkaran keseimbangan. Saya penasaran, lalu browsing ke internet dan menemukan kalimat yang sama persis. Oh, ternyata konsep Yin dan yang. Lupa2 ingat, ini pernah saya pelajari di sekolah kayaknya.
Ajaran Taoisme ini lengkapnya disebut Yin Yang Mao Dun Guan yang dibawa oleh Lao Tzu(604SM-517SM abad ke 6 Masehi). Ajaran ini sudah berumur ribuan tahun.

Ilmu kedokteran tradisional China (Zhong yi, dokternya disebut Shine) harus menguasai filososfi Yin Yang baru bisa menguasai sistem pengobatan tradisional.

~Yin~
Sifatnya dingin dan lemah (Cont: Wanita, malam, air atau angin dll)
~Yang~ bersifat panas dan kuat (cont: Pria, panas, api dll)
Yin dan Yang selalu bertolak belakang, namun penerapannya dalam hidup harus seimbang. Apabila tidak maka akan menimbulkan ketidakserasian dalam kehidupan.
Lambang Yin Yang adalah dua buah ikan berwarna hitam putih berada dalam satu lingkaran. Lambang ini disebut Lambang Xiantian Taiji atau Yinying yang di populerkan oleh Lai Zhide(1525-1604M).

Makna Yin Yang saya jabarkan sebagai berikut:

1. Keadilan
Pada logo besarnya ikan adalah sama besar hal ini melambangkan keadilan. Artinya dalam mengerjakan segala sesuatu kita haruslah adil sesuai dengan firman Allah pada Q.S AL-Maidah ayat 8 yang artinya "...Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adilah karena adil itu dekat dengan takwa."

Hal ini sangatlah jelas bahwa ajaran Taoisme dan Al-Qur'an mengajarkan kita untuk selalu berlaku adil.

Dalam Q.S Al-Qur'an An-Nahl ayat 90 Allah berfirman:
"Inna Allaha ya/muru bial'adli waal insaani wa iitaai dzii alqurbaa wayanhaa'ani alfahsyaa-i waalmunkari waalbaghyi ya'izhukum la'allakum tadzaka karuuna."

Artinya:
Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berbuat adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat dan Allah melarang dari perbuatan keji, Kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pelajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran.

2.Berpasangan
Dalam logo Yin Yang terdapat dua buah ikan yang berbeda warna. Hal ini bermakna bahwa segala sesuatu Allah ciptakan berpasangan. Contohnya ada siang-malam, panas-dingin, Lahir-Mati, laki-prempuan, Tua-muda dan masih banyak lagi.

Makna filosofi Yin Yang (berpasangan) ini sesuai dengan Firman Allah dalam Q.S Al-Qur'an Yassin ayat 36 yang berbunyi:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan