Mohon tunggu...
Ayang Puspasari
Ayang Puspasari Mohon Tunggu...

Basketball S.F #5 Hidup itu lebih dari Fun. Fun itu kadang jadi Comfort Zone, dan kita harus belajar untuk keluar dari itu.

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Terkadang Apa yang Kita Miliki, Membuat Kita Lupa Diri

16 Januari 2017   21:01 Diperbarui: 16 Januari 2017   21:45 528 0 0 Mohon Tunggu...

Di zaman modern ini kebanyakan orang, baik itu anak kecil sampai orang dewasa mempunyai media sosial masing-masing. Dimulai dari Instagram, BBM, LINE, WhatsApp, dan masih banyak aplikasi lainnya. Didalam media sosial tersebut tentunya banyak juga yang memposting tentang kehidupan orang-orang diluar sana yang berekonomi menengah kebawah, untuk makan sehari-hari saja susah dan bahkan ada yang harus menempuh jarak berpuluh-puluh kilometer hanya untuk sesuap nasi. Tentunya hal ini membuat kita merasa malu, jujur Saya merasa malu sekali, karena dengan semua fasilitas yang diberikan orangtua kepada Saya, Saya sering merasa itu kurang. Apalagi dengan uang jajan, kalau sudah habis ya minta lagi. Saya malu sekali karena Saya kurang pandai bersyukur dan kurang pandai memaknai semua titipan Tuhan ini. 

Melihat postingan orang-orang berhati mulia di sosial media membuat Saya merasa malu dan iba. Segala sesuatu yang kita miliki terkadang membuat kita lupa akan diri kita yang hanya sementara di dunia ini. Kita seharusnya mempunyai rasa simpati dan empati terhadap orang-orang yang kurang mampu. Jangan hanya bisa bermain menghambur-hamburkan uang orangtua saja. Setidaknya sisihkan sedikit uang jajan kalian untuk orang yang lebih membutuhkan, rejeki kalian tidak akan berkurang kok, justru insyaallah rejeki kalian barokah untuk kalian kedepannya. Menjadi manusia seharusya tidak hanya melirik keatas tapi cobalah untuk menengok ke bawah, masih banyak orang-orang disana yang membutuhkan uluran tangan kita, orang-orang yang berjuang keras untuk menafkahi keluarga mereka walaupun dengan pekerjaan yang membutuhkan tenaga berkali-kali lipat. 

Kita tidak bisa hanya berdiam saja mendoakan mereka dari sini, setidaknya jika kita menemui orang-orang hebat seperti itu, kita bisa meringankan beban mereka dengan membeli dagangan mereka, membantu menjualkan dagangan mereka. Apalagi disaat musim hujan seperti ini, banyak yang tidak mempunyai rumah harus berteduh di emperan toko untuk menginap dan menumpang tidur. Subhanallah Ya Allah :'( kasihanilah mereka yang harus berjuang sendirian seperti itu untuk bertahan hidup, apalagi jika orang-orang itu sudah tua dan tidak mempunyai sanak saudara. Dunia ini luas, untuk kalian yang mempunyai hidup nyaman, tolong sisakan sedikit rejeki kalian untuk orang yang membutuhkan karena itu memang hak mereka. Tumbuhkanlah jiwa sosialisasi kalian, manusia adalah makhluk sosial yang harusnya mempunyai rasa simpati terhadap sesama. Bantulah mereka selagi kalian mampu dan jangan mengeluh atas kekurangan kalian, karena disisi lain masih banyak orang yang lebih serba kekurangan daripada kalian. Karena apa yang kita miliki sekarang bukanlah segalanya dan tidak bisa kita bawa mati kecuali amal ibadah kalian. Janganlah kalian lupa diri terhadap apa yang kalian miliki sekarang dan jangan lah merasa kekurangan. Kita seharusnya mampu bersyukur dan menerima apa yang kita miliki sekarang. Tidak ada gunanya hanya mengeluh dan bertumpu pada orangtua kalian. Hiduplah mandiri dan berjiwa besar, Kita tidak tau kapan kita akan dipanggil olehNya, maka dari itu kita harus menengok kebawah dan membantu mereka yang kesusahan tanpa pandang bulu. Buatlah perubahan dalam hidup kalian dan hidup mereka, niscahya pahala yang kalian dapatkan barokah untuk bekal kalian kelak. Kasihanilah mereka yang tidak mempunyai apa-apa, berbagilah kepada mereka selagi kalian mampu. Kalau tidak sekarang, kapan lagi kalian bisa berbagi? Selagi masih diberi kesempatan untuk beraktivitas didunia ini :) you can do it. Buatlah perubahan pada Indonesia.....

VIDEO PILIHAN