Mohon tunggu...
Axel Jovan
Axel Jovan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pendampingan Pembukuan Sederhana pada Karang Taruna dalam Pengelolaan Bukit Senja oleh Mahasiswa KKN Tematik Undip

4 Desember 2022   22:23 Diperbarui: 4 Desember 2022   22:35 61
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tembalang (03/12/2022) - Mahasiswa KKN Tematik Lingkar Kampus Undip mengadakan pendampingan terhadap anak-anak karang taruna mengenai pembukuan sederhana yang akan bermanfaat bagi pengelolaan Bukit Senja. Bukit Senja merupakan salah satu daerah yang berada di perumahan Bukit Diponegoro, Tembalang, Semarang. Menjadi salah satu tempat healing bagi mahasiswa Undip dan sekitarnya. Bukit Senja dikelola oleh warga setempat yang digerakkan oleh Pokdarwis dan Karang Taruna RW 08. Kegiatan pengelolaan Bukit Senja telah terealisasikan dengan baik oleh pihak-pihak yang diberi tanggungjawab. Tujuan pengelolaan Bukit Senja ini salah satunya yakni agar para pemuda mempunya kegiatan yang positif dalam menjaga lingkungannya.

Pentingnya pengenalan dan pemahaman tentang pembukuan sederhana yang belum banyak diketahui oleh masyarakat ataupun anak-anak karang taruna. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya yang masih mencampur dan tidak memisahkan pendapatan atas retribusi yang ada dengan pendapatan lainnya. Pembukuan sederhana merupakan proses pencatatan yang dilakukan secara teratur yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi dan data-data yang berkaitan dengan laporan keuangan. Adapun didalam pembukuan sederhana terdapat tiga unsur yaitu harta, kewajiban dan modal.

Berdasarkan hal tersebut, mahasiswa KKN Tematik Undip membuat program kerja berupa pendampingan pembukuan sederhana pada Karang Taruna dalam pengelolaan Bukit Senja. Pelaksanaan pembukuan sederhana ini memiliki banyak manfaat. Diharapkannya dengan pendampingan ini dapat membantu keuangan dalam pengelolaan Bukit Senja tercatat dengan jelas dan transparan sehingga dapat digunakan untuk membantu dalam pengambilan keputusan yang rasional bagi keberlangsungan pengelolaan Bukit Senja.

Pendampingan ini terlaksana pada tanggal 25 November 2022, diawali dengan pembagian poster dan dilanjutkan dengan penjelasan oleh mahasiswa kepada anak-anak Karang Taruna. Kegiatan ini disambut dengan sangat antusias oleh Ketua Karang Taruna dan anggota Karang Taruna RW 08 dan memberikan sambutan atas kegiatan ini dengan sangat baik serta memberikan respon yang baik pula. Selain itu, ucapan terima kasih atas motivasi dan materi mengenai pembukuan sederhana yang akan memberikan pengaruh positif terhadap manajemen keuangan Bukit Senja oleh anak-anak Karang Taruna RW 08 Kelurahan Tembalang.

Dengan diadakannnya kegiatan pendampingan ini, diharapkan untuk kedepannya anak-anak Karang Taruna lebih telaten, dan dalam jangka panjang mengetahui manfaat dari pembukuan yang disusun dengan baik, tertata rapi sesuai dengan sistem keuangan. Namun, keberlangsungan program ini diperlukan dengan dukungan oleh berbagai pihak dalam hal pengawasan, dan pengorganisasian anak-anak Karang Taruna RW 08 guna meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar Bukit Senja.

Penulis : Jovan Axel

DPL     : Darwanto, S.E., M.Si., M.Sy

Lokasi : Bukit Senja, RW 08, Kelurahan Tembalang, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun