Mohon tunggu...
Awaluddin LaDana
Awaluddin LaDana Mohon Tunggu... Mahasiswa

Npm : 22002081007 Kelas : A

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Strategi Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia dalam Menghadapi Ancaman Otomatisasi

26 Januari 2021   00:09 Diperbarui: 26 Januari 2021   00:17 122 1 0 Mohon Tunggu...

Strategi Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia dalam Menghadapi Ancaman Otomatisasi

Latar Belakang 

Dunia industri telah memasuki era otomatiasi yang sebagaimana kita rasakan bersama saat banyak pekerjaan telah digantikan oleh mesin bahkan ada yang pekerjaan yang biasa dilakukan oleh manusia mampu dikerjakan dengan baik oleh robot. Melihat hal tersebut menjadi sebuah ancaman serta tantangan yang harus dihadapi oleh manusia untuk tetap berjuang dalam menjalani hidup dimasa yang sangat cepat dengan kemajuan teknologi khususnya pada dunia industri.

Otomatisasi telah membawa dampak yang besar bagi dunia industri khususnya terhadap ketersediaan pekerjaan pada perusahaan. Manusia dituntut untuk beradaptasi dan meningkatkan kemampuan yang dia miliki terutama berhubungan dengan skill dibidang teknologi informasi. Manusia yang tidak mempui skill ataupun tidak mampu meningkatkan kemampuannya sudah pasti akan menjadi pengangguran karena pekerjaanya akan diambil alih oleh mesan. Namun tidak semua dampak otomatisasi ini buruk atau negatif, ada juga yang positif karena dengan adanya otomatisasi maka manusia akan semakin berkembang dengan menikatkan kemampuan dan kualitas yang dia miliki terutam dibidang teknologi informasi, semakin efisien kinerja pada dunia industri serta terciptanya lapangan pekerjaan yang baru.    

Otomatiasi seharusnya dijadikan sebagai ajang pembuktian yang tepat oleh manusia untuk lebih meningkatkan kualitas, kemampuan dan kopentesi yang dia miliki sehingga manusia  bisa memanfaatkan peluang kerja yang ditimbulkan oleh otomatisasi dan menjadikan perusahaan tempat dia bekerja lebih produktif dan kompetitif. Melihat hal tersebut menjadi alasan penulis membuat artikel terkait dengan strategi meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam mengahadapi ancaman otomatitasi yang harus dilakukan oleh manusia.    

Tinjauan Teori

  • Pengertian kualitas SDM
  • Menurut Kasanudin (2011) sumber daya manusia adalah kemampuan atau potensi, serta kekuatan yang dimiliki oleh seorang individu yang dapat menentukan karakter dan kualitas yang dia miliki sehingga dapat menghidupkan organisasi tempat dia berada dan tentunya mampu membuat sebuah pengaruh positif terhadap organisasi tersebut.
  • Berdasarkan penjelasan diatas dapat di tarik benang merah bahwa sumber daya manusia adalah suatu ciri khas yang dimiliki seseorang berupa kualitas dan kamampuan yang baik sehingga dapat berkontribusi secara positif terhadap organisasi atau lingkuan dia bekerja.   
  • Ancaman Otomatisasi
  • Menurut Sedarmayanti (2001 : 66) Otomatisasi adalah sebuah sebuah langka dalam pelaksanaan pekerjaan yang dilakukan secara otomatis, dengan memanfaatkan proses pekerjaan yang sangat efisien yaitu dengan menggunakan mesin atau robot sehingga pada ahirnya dapat mengurangi biaya anggaran dan meminimalkan pemakaian sumber daya yang lain.   

Berdasarakan penjelasan diatas dapat ditarik benang merah bahwah otomatisasi adalah sebuah proses pekerjaan yang diambil alih oleh mesin atau robot untuk meminimalisir pemakaian anggaran dan sumber daya yang ada dengan memanfaatkan sistem yang dirancang secara otomatis sehingga dalam proses pekerjaan dapat dilakukan secara efisien dan efektif.   

Pembahasan 

  • Transformasi Pendidikan

Strategi dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia harus dimulai dari sektor pendidikan karena dengan pendidikan bangsa ini bisa mencetak generasi yang berkualitas. Pengembangan SDM harus dilakukan dengan tranformasi pendidikan secara besar besaran karena seperti yang telah kita ketahui bahwa tingkat pendidikan negara Indonesia masih sangat rendah apalagi dibidang teknologi informasi bisa dikatakan masi jauh tertinggal. Melihat hal tersebut diperlukan sebuah sistem pendidikan yang mendukung kegiatan belajar mengajar terkait dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan dibidang teknologi dan informasi tidak hanya malaui teori saja namun harus melalu praktek yang dilakukan secara berkelanjutan.

  • Pembangunan Infrastrukur

Pembangunan infrastruktur yang memadai dalam pengembangan teknologi digital adalah hal selanjutnya yang harus dilakukan oleh pemerintah karena dalam mengahadapi otomatisasi masyarakat di tuntut harus mampu mengikuti perkembangan teknologi yang meningkat sangat pesat. Bisa bayangkan bagaimana masyakat bisa bersaing dengan perkembangan  teknologi sedangakan infrastrukur yang menunjang dalam meningkatkan kemampuan teknologi tidak memadai maka secara otomatis kualitas sumber daya manusia akan semakin tidak mampu bersaing.

  • Kerja sama anatara Pemerintah, Akademisi dan Perusahaan

Dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia sangat diperlukan kerja sama yang sinergi dari berbagai pihak yaitu akademisi, perusahaan, dan pemerintah. Pihak akademisi berperan sebagai mengajarkan ilmu pengetahuan dan praktek kepada individu atau pelajar untuk mempersiapkan mereka dalam mengahadapi dunia luar, kemudian melakukan penelitian baik berupa karya ilmia dan lain sebagainya yang dapat bermanfaat bagi kemajuan ilmu pengetahuan khususnya di bidang teknologi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x