Mohon tunggu...
Awalia Ramadani
Awalia Ramadani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

-

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mahasiswa KKN Tematik Undip Berikan Edukasi dan Pelatihan mengenai Solusi Transaksi Masa Kini dengan Dompet Digital

4 Desember 2022   21:23 Diperbarui: 4 Desember 2022   21:57 63
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tembalang (01/12/2022) --Mahasiswa KKN Tematik Lingkar Kampus Utama Undip melakukan edukasi dan pelatihan mengenai solusi transaksai masa kini dengan dompet digital. Teknologi dan digitalisasi saat ini semakin berkembang dan membawa berbagai inovasi yang mempengaruhi perubahan dalam kehidupan, khususnya pada aspek finansial. Semenjak pandemi tercatat kenaikan penggunaan dompet digital lebih dari 45 juta orang hingga tahun 2020.

Banyak jenis dompet digital atau e-wallet adalah layanan elektronik yang berperan dalam proses penyimpanan data sekaligus sebagai alternative sistem pembayaran yang dibuat untuk memudahkan penggunanya untuk melakukan transaksi. Sejauh ini masih banyak yang belum bisa mengoperasikan atau menggunakan dompet digital tersebut. Dompet digital atau e-wallet hadir dan memperkenalkan kepada masyarakat mengenai metode pembayaran berupa cashless atau non-tunai yang memberikan penggunanya lebih banyak manfaat, lebih praktis dan lebih aman daripada menggunakan uang fisik.

Sebagai salah satu financial technology, dompet digital dapat memudahkan penggunanya untuk melakukan transaksi online maupun offline dengan menggunakan QR code. Selain fitur pembayaran transaksi online maupun offline, namun juga menyediakan fitur transfer antar bank. Fungsi dari dompey digital ini beragam, tidak hanya sebagai alat pembayaran, tetapi juga sebagai alat untuk memverifikai terhadap transaksi jual beli. Adapun jenis-jenis dompet digital yang umum digunakan diantaranya, gopay, dana, shoopepay, dan ovo.

Dengan pelaksanaan program ini diharapkan target dari kegiatan ini mampu menggunakan dompet digital karena perkembangan teknologi sudah berkembang dengan baik. Namun terdapat kendala yang dihadapi oleh anggota KUB, khususnya ibu-ibu RW 08, diantaranya masih ada kekhawatiran dalam melakukan kesalahan transaksi online. Dengan berbagai fitur yang tersedia membuat ibu-ibu KUB enggan dalam bertransaksi sehari-hari menggunakan dompet digital. Sehingga mahasiswa menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut dengan memberikan penjelasan mengenai pengertian dan pelatihan penggunaan salah satu dompet digital denngan memberikan booklet sebagai output pada program kerja ini.  

Penulis : Awalia Ramadani

DPL : Darwanto, S.E., M.Si., M.Sy

Lokasi : Bukit Senja, RW 08, Kelurahan Tembalang, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun