Mohon tunggu...
avissa chaerinda
avissa chaerinda Mohon Tunggu... Lainnya - personal blog

college student

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mahasiswa Undip Berikan Sosialisasi New Normal Kepada Warga Hingga Pengenalan Program Belajar yang Menyenangkan Pada Anak

9 Agustus 2020   11:28 Diperbarui: 9 Agustus 2020   11:36 43
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pembagian brosur dan masker

Temanggung. Kurangnya pengetahuan dan kepedulian masyarakat dalam menghadapi pandemi di masa new normal dimana seharusnya masyarakat dianjurkan untuk memakai masker saat keluar rumah, menjaga jarak setidaknya 1 meter, dan rajin mencuci tangan menjadikan tantangan baru bagi kita untuk saling mengingatkan sesama agar lebih memperhatikan protokol kesehatan yang dikeluarkan pemerintah.

Untuk itu, pada hari Minggu (22/07) mahasiswa KKN Undip tim II 2020 telah mengadakan sosialisasi Door-to-Door tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan di era New Normal kepada masyarakat di Desa Tegalrejo, Bulu, Temanggung. Kegiatan ini merupakan pelaksanaan kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) "Pulang Kampung" sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.

Sosialisasi ini dilakukan dengan cara membagikan brosur yang berisi tentang New Normal dan cara menghadapi era kehidupan baru dengan menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah serta membagikan masker untuk tetap menggunakan masker saat keluar rumah dan  memberikan arahan pemakaian masker yang baik dan benar. Melalui sosialisasi ini, diharapkan dapat membantu mengedukasi masyarakat untuk mengingatkan pentingnya mematuhi protokol kesehatan agar dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Mahasiswa KKN Undip 2020 juga memberikan edukasi online dengan menyebarkan buku saku "Healthy Lifestyle Campaign" untuk mengatasi keterbatasan sosialisasi Door-to-Door karena tidak semua warga dapat ditemui.

Selain itu, mahasiswa KKN Undip 2020 juga memberikan edukasi mengenai Covid-19 kepada anak-anak melalui media belajar berbahasa Inggris. Mengapa berbahasa Inggris? Hal ini dilakukan dikarenakan kurangnya minat dan kepercayaaan diri anak-anak di desa Tegalrejo dalam menggunakan bahasa Inggris. Padahal di era globalisasi ini, bahasa Inggris dianggap perlu untuk menunjang skill berkomunikasi.

Untuk itu, mahasiswa KKN Undip tim II 2020 mengadakan sebuah program untuk mengenalkan bahwa bahasa Inggris merupakan bahasa yang asyik untuk dipelajari. Melalui program CECL, mahasiswa KKN Undip memberikan sarana edukasi berbahasa Inggris yang menyenangkan serta mengenalkan pandemi Covid-19 dan cara penanganannya dengan media yang lebih mudah di mengerti bagi anak-anak.

Mahasiswa KKN Undip saat mengajarkan program CECL
Mahasiswa KKN Undip saat mengajarkan program CECL

Covid-19 Education through Children's Literature (CECL) merupakan program pengenalan Covid-19 dan pencegahannya kepada anak-anak  melalui media yang menyenangkan seperti cerita anak dan video animasi berbahasa Inggris.  Materi Covid-19 diambil karena banyak anak-anak yang menghiraukan dan tidak mengerti pentingnya mematuhi protokol kesehatan yang dikeluarkan pemerintah. Selain itu, cerita anak ini disajikan dalam bahasa Inggris untuk menambah kosa kata bahasa Inggris anak.

Program ini dilaksanakan pada hari Sabtu (07/08) dengan memaparkan materi berupa cerita anak berbahasa Inggris. Kegiatan dimulai dengan pengenalan dasar dalam bahasa Inggris. Anak-anak diminta untuk dapat memperkenalkan dirinya satu per satu dalam bahasa Inggris. Kemudian, dilanjut dengan membaca bersama cerita anak dan menerjemahkannya. Di sela-sela kegiatan, anak-anak diberi waktu untuk mengisi teka teki silang mengenai kata-kata dasar yang ada dalam buku cerita. Dan di akhir kegiatan, anak-anak diajari bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar dengan menyanyikan ABC's song sebagai durasi waktu mencuci tangan.

Melalui program ini, diharapkan dapat membantu menambah kosa kata berbahasa Inggris anak serta memberikan gambaran bahwa mempelajari bahasa Inggris tidak sesulit yang dibayangkan.  Selain itu, program ini diharapkan juga dapat membantu anak-anak untuk mengerti situasi pandemi dan mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker dan rajin mencuci tangan.


Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun