Mohon tunggu...
Asep Soheh Irpan
Asep Soheh Irpan Mohon Tunggu... Freelancer - I am a sea navigator

Seorang pelaut, mantan santri dan mantan anak kecil yang cita-citanya menjadi astronot. Memiliki dua hal yang utama; 1. Tanggal lahir yang palsu 2. Memiliki minat terhadap astronomi dan filsafat. Bekerja sebagai Navigating Officer di kapal-kapal Ocean Going

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

"GMDSS Routine Test" di Atas Kapal

5 Maret 2019   04:53 Diperbarui: 5 Maret 2019   05:40 6074
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

GMDSS DAILY, WEEKLY DAN MONTHLY TEST DI ATAS KAPAL

By, AVIORISH


Pengembangan GMDSS (Global Maritime Distress and Safety System) pada industry pelayaran telah memiliki jalan yang panjang. GMDSS diciptakan untuk memastikan komunikasi dalam keadaan darurat berjalan lancar.


Manfaat terbesar dari GMDSS adalah berkurangnya kapal-kapal yang menghilang tanpa jejak dan memungkinkan tim SAR untuk menrima informasi marabahaya dengan cepat berbekal lokasi yang lebih tepat dari kapal yang mengalami bahaya.


Untuk memastikan alat-alat GMDSS berfungsi dengan baik, pelaut perlu mengetahui prosedur maintenance dan pemeriksaan rutin.


Tes harian, mingguan dan bulanan harus dilakuan oleh setiap perwira navigasi yang bertanggung jawab tanpa kompromi. Kita permu memahami bahwa GMDSS adalah sahabat terbaik di saat keadaan emergency.


Kapal-kapal di laut harus mampu melaksanakan Sembilan fungsi minimal dari GMDSS, di antaranya;


1.Ship-to-shore distress alerting
2.Shore-to-ship distress alerting
3.Ship-to-ship distress alerting
4.SAR coordination
5.On-scene communications
6.Transmisi dan menerima sinyal lokasi bahaya
7.Mentransmisi dan menerima berita keselamatan (MSI)
8.Komunikasi radio umum
9.Bridge-to-bridge communication
Kesembilan fungsi ini bias dipastikan dengan melakukan test secara berkala.

DAILY TEST

Test harian dilakukan untuk memastikan bahwa fasilitas DSC (VHF, MF/HF) berfungsi dengan baik. Test ini dilakukan tanpa memancarkan radiasi ke luar. Ini dilakukan deng self-test pada menu dari alat GMDSS di kapal. Setiap maker dan tipe memiliki langkah yang spesifik. Ini bias diihat pada instruction book alat tersebut.
Bagian dari daily test ini adalah On-Load dan Off-Load test. Ini secara khusus saya bahas dalam video berikut ini : https://youtu.be/IJ86I4PaENQ

WEEKLY TEST
Weekly test harus dilakukan dengan mengirim panggilan ke coast station. Jika kapal berada di luar jangkauan Coast Station maka bias dilakukan dengan test ke kapal lain. Pastikan bahwa panggilan yang dilakukan adalah panggilan DSC (Digital Selective Calling). Reujuklah kepada manual dari alat anda bagaimana melakukan DSC Test kepada Coast Station. Furuno, JRC dan maker lain memiliki cara masing-masing. Alat yang di test mingguan adalah VHF DSC dan MF/HF DSC

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun