Mohon tunggu...
Auriga Febriana Cahyaningtyas
Auriga Febriana Cahyaningtyas Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro

KKN TIM II UNDIP 2022

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Tak Hanya Luncurkan Website Pasar Tegalan, Mahasiswa KKN Undip Juga Lakukan Sosialisasi Pembuatan Konten Kreatif

14 Agustus 2022   19:20 Diperbarui: 14 Agustus 2022   19:31 230
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro melakukan sosialisasi pembuatan konten kreatif sebagai media promosi Pasar Tegalan di Wisma Benedicta, Kelurahan Blotongan, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga pada (31/07). (Dok. Pribadi)

BLOTONGAN, SALATIGA (14/08) -- Mahasiwa KKN Tim II Universitas Diponegoro berhasil mengadakan Sosialisasi Pembuatan Konten Kreatif kepada karang taruna Tegalombo untuk mendukung perkembangan pariwisata daerah. Bertempat di Wisma Benedicta, Kelurahan Blotongan, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga kegiatan sosialisasi ini diadakan pada Minggu (31/07/2022) dengan mengusung tagline "Generasi Muda Penggerak Pariwisata".

Saat ini, sejumlah potensi wisata yang ada di Kelurahan Blotongan seperti wisata alam, wisata religi, wisata edukasi, dan wisata kuliner mengalami penurunan pengunjung terutama pada wisata Pasar Tegalan yang merupakan salah satu wisata unggulan. 

Demi mendukung perkembangan potensi wisata yang ada, dilakukanlah strategi promosi baru yang menarik perhatian pengunjung. Oleh karena itu, salah satu mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro melakukan kegiatan Sosialisasi Pembuatan Konten Kreatif sebagai Strategi Promosi.

Konten kreatif merupakan bentuk dari sajian informasi yang didalamnya dapat berupa hiburan, berita, atau informasi lain yang disajikan secara orisinil melalui media baru. Sosialisasi yang dihadiri oleh sepuluh peserta perwakilan dari karang taruna Tegalombo ini dikemas dalam bentuk power point dan booklet online yang kreatif serta interaktif sehingga mudah untuk dipahami. 

Melalui kegiatan sosialisasi ini, diharapkan karang taruna Tegalombo dapat memanfaatkan media baru dengan membuat konten-konten kreatif yang dapat menarik khalayak luas.

Tampilan website Wisata Pasar Tegalan yang dibuat oleh Auriga Febriana Cahyaningtyas, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro. (Dok. Pribadi)
Tampilan website Wisata Pasar Tegalan yang dibuat oleh Auriga Febriana Cahyaningtyas, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro. (Dok. Pribadi)

Untuk menunjang strategi promosi baru, dibutuhkan adanya website sebagai wadah publikasi dan promosi digital. Website merupakan salah satu bentuk komunikasi massa dengan jaringan internet yang dapat memberikan informasi tertentu kepada khalayak. 

Tak hanya itu, website juga menjadi salah satu media promosi terpopuler karena memiliki jangkauan waktu dan ruang yang tak terbatas. Dengan alasan tersebut, mahasiswa KKN Tim II Undip berinisiatif memberikan inovasi berupa pembuatan website untuk publikasi wisata Pasar Tegalan pada Jumat (12/08/2022). 

Peluncuran website dilakukan di Dusun Ngampel, Kelurahan Blotongan, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga atas izin pengurus Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Pasar Tegalan.

Program pembuatan website untuk publikasi Pasar Tegalan dimulai dengan studi terhadap jumlah platform yang digunakan oleh pengurus Pasar Tegalan untuk publikasi dan promosi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun