Mohon tunggu...
Aurellia Devina Patricia
Aurellia Devina Patricia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Nonton drama korea

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengalaman Mengikuti Geladi Hominisasi

3 Desember 2022   00:21 Diperbarui: 3 Desember 2022   00:30 41
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Geladi Hominisasi adalah kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa / mahasiswi Unpar yang pesertanya merupakan mahasiswa / mahasiswi yang mengikuti mata kuliah MKU Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan dan Logika. Sebelum kita melakukan kegiatan Geladi Hominisasi tersebut, mahasiswa / mahasiswi wajib mendaftarkan diri yang sudah diberi oleh panitia. Lalu setiap peserta akan diberikan informasi tentang kegiatan selanjutnya atau tugas melalui e-mail masing masing. 

Di kegiatan Geladi Hominisasi ini saya melakukan banyak hal. Sebelum melakukan kegiatan Geladi Hominisasi peserta diberikan tugas pra-geladi yang terdapat dua tugas. Pertama, peserta diberikan beberapa pertanyaan tentang lagu kebangsaan yaitu "Indonesia Raya" 3 stanza. Kedua, peserta diberikan film yang bertema ketahanan pangan, budaya & lingkungan lalu peserta wajib menjawab pertanyaan yang diberi. Setelah peserta mengumpulkan tugas pra-geladi, peserta akan diberikan link zoom untuk mengikuti Geladi Hominisasi yang peserta sudah pilih waktu yang diinginkan. 

Kegiatan selanjutnya, saya mengikuti Geladi Hominisiasi tanggal 27 November 2022 pukul 07.45 sampai 13.30. Pertama, peserta diberi pengetahuan tentang Universitas Katolik Parahyangan dan dilanjutkan dengan masuk ke dalam breakout room kelompok yang terdiri dari lima sampai enam orang. Di dalam breakout room, peserta dapat berkenalan satu sama lain dan memilih ketua dan notunen. Lalu setelah itu, peserta dan kelompoknya masing masing akan berdinamika bersama. Saya bersama teman teman lainnya mendapatkan tema Hari Wayang Sedunia. 

Tema tersebut akan di presentasikan dalam bentuk podcast, drama, atau yang lainnya. Kami memilih podcast untuk mempresentasikannya. Kami diberi waktu sekitar 40 menit untuk latihan dan setelah itu akan dimasukan ke breakout room yang berisi 3 sampai 4 kelompok di dalamnya. Masing masing breakout akan memilih 1 kelompok terbaik yang maju ke final. Walaupun kelompok saya tidak masuk ke final, tetapi saya tetap bangga kepada diri sendiri dan juga teman kelompok saya. 

Kegiatan terakhir, peserta diberikan tugas terakhir yaitu peserta dapat memilih untuk membuat video testimoni atau narasi. Saya memilih untuk membuat narasi mengenai tugas terakhir Geladi Hominisasi ini.

Setelah saya mengikuti kegiatan Geladi Hominisasi, saya mendapatkan banyak hal. Seperti saya mendapatkan teman baru dan saya juga dapat berkomunikasi dengan orang orang baru. Awalnya, saya sulit untuk berkenalan dengan orang baru. Tetapi dengan adanya kegiatan ini, saya merasa lebih percaya diri berbicara di depan banyak orang. 

Menurut saya, kemampuan menggunakan logika sebagai warga negara perlu dilakukan agar dapat mengetahui mana yang baik atau buruk dan dapat membantu menyelesaikan masalah. Tetapi semua itu memerlukan alat untuk menyampaikan logika tersebut yaitu bahasa. Bahasa sangat berperan penting, karena Indonesia memiliki budaya dan suku yang beragam sehingga perlu menggunakan Bahasa Indonesia untuk berkomunikasi.  Jadi, kesatuan antara logika dan bahasa sangat penting untuk warga negara terutama Negara Indonesia. 

Manfaat yang saya dapat setelah mengikuti Geladi Hominisasi ini adalah saya dapat melakukan kerja sama dengan baik dan bisa menjadi lebih percaya diri di depan banyak orang yang tidak saya kenal. Saya juga jadi mengetahui banyak hal tentang Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan, Hari Pohon Sedunia, Hari Toleransi Internasional, Hari Wayang Nasional, Hari Guru Nasional, Hari Pahlawan, Hari Anak Sedunia. Saya jadi mengetahui hari peringatan, tantangan dan peluang dalam kondisi masa kini, dan peran sebagai anak muda dari tema tema tersebut.

Kemampuan yang akan saya terapkan saat kuliah yaitu saat presentasi. Saya harus bisa menganalisis dan membuat para audience menarik kepada tema yang akan saya berikan. Cara saya untuk meningkatkan kemampuan berpikir, berbahasa sebagai warga negara adalah berkomunikasi dengan orang lain, bertanya kepada orang lain, dan berpikir panjang dan objektif.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun