Mohon tunggu...
Aulina Byant
Aulina Byant Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Fakultas Hukum Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa KKN Undip Berikan Edukasi Gerakan Hidup Sehat dan Bersih di Masa Pandemi Covid-19 melalui Video Animasi

5 Agustus 2021   15:01 Diperbarui: 5 Agustus 2021   15:09 29 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN Undip Berikan Edukasi Gerakan Hidup Sehat dan Bersih di Masa Pandemi Covid-19 melalui Video Animasi
Video Animasi Edukasi Gerakan Hidup Sehat dan Bersih Dimasa Pandemi Covid-19 (Dokpri)

Semarang (4/08/2021) -- Dimasa pandemi Covid-19 ini, kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup sehat dan bersih sangatlah penting. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup sehat dan bersih terutama dimasa pandemi ini adalah dengan menerapkan gerakan hidup sehat dan bersih. Pola hidup sehat dan bersih menjadi faktor penting yang dapat menekan penyebaran virus Corona ini.

Gerakan hidup sehat dan bersih ialah gerakan yang memiliki tujuan agar dapat memasyarakatkan budaya hidup sehat dan bersih serta dapat membiasakan masyarakat untuk meninggalkan perilaku yang kurang sehat dan kurang bersih. Gerakan hidup sehat dan bersih ini sangat berarti dimasa pandemi Covid-19 ini, karena dengan adanya gerakan ini diharapkan dapat memicu masyarakat untuk menerapkan pola hidup yang sehat dan bersih sehingga masyarakat juga terpicu untuk menjaga kesehatan diri dan keluarga dimana dengan masyarakat menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga maka dapat menciptakan lingkungan yang bersih pula dengan keadaan lingkungan yang bersih maka kesehatan lingkungan juga akan terjaga dengan baik karena lingkungan yang bersih dapat mengurangi resiko berbagai macam penyakit terutama dimasa Pandemi Covid-19 ini.

Edukasi gerakan hidup sehat dan bersih dimasa pandemi Covid-19 ini merupakan salah satu program yang sedang dilaksanakan oleh Aulina Byant Savira sebagai salah satu mahasiswi yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) TIM II UNDIP TAHUN 2020/2021 dengan tema "Sinergi Peguruan Tinggi Dengan Masyarakat Dimasa Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata." Dimana edukasi gerakan hidup sehat dan bersih ini juga dalam rangka mewujudkan salah satu tujuan dari Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu Good Health and Well Being atau hidup sehat dan sejahtera.

Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) TIM II UNDIP TAHUN 2020/2021 dilaksanakan secara daring, sehingga mahasiswa melakukan edukasi dengan membuat video animasi mengenai gerakan hidup sehat dan bersih di masa pandemi, yang kemudian video tersebut di upload melalui Youtube dan disebarkan melalui Group Whatsapp. Dimana fokus dari edukasi ini ditujukan pada warga masyarakat RT 01/RW 06 Kelurahan Pedurungan Kidul, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang Jawa Tengah. Dengan adanya video animasi mengenai edukasi gerakan hidup sehat dan bersih diharapkan dapat bermafaat bagi warga masyarakat RT 01/RW 06 Kelurahan Pedurungan Kidul karena dapat lebih memahami pentingnya budaya hidup yang sehat dan besih, sehingga masyarakat juga dapat mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-harinya terutama dimasa pandemi Covid-19 supaya dapat mencegah penyebaran Covid-19 ini.

Video Animasi Edukasi Gerakan Hidup Sehat dan Bersih Dimasa Pandemi Covid-19 dapat ditonton pada link berikut: https://www.youtube.com/watch?v=BD31FrTwGS4

Penulis: Aulina Byant Savira-Fakultas Hukum Universitas Diponegoro

DPL: Dr. Teguh Suprihatin, S.Si., M.Si. 

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN